Aktifitas Santri Darunnajah di Hari Libur

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Panahan sebagai salah satu cabang olehraga di darunnajah

Darunnajah Sukses Barakah!

Alhamdulillah walaupun ditengah-tengah kesibukan santri Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor yang tengah mengikuti ujian Mid Semester, para santri tetap mengutamakan olahraga sebagai penunjang kesehatan. Kegiatan olahraga bersama diadakan 1 minggu sekali tepatnya setiap hari Jum’at bertepatan dengan hari libur santri dari KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di Sekolah.

Seperti biasa Pukul 04.00 WIB seluruh santriwan maupun santriwati berkumpul di Masjid Jami’ Asrama Kampus 1 untuk melaksanakan Shalat Sunnah dan Shalat Shubuh berjama’ah. Selepas shalat, para santri diberikan nasehat yang disampaikan oleh Pimpinan Pesantren yakni KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc. Pengajian diawali dengan shalawat dan beristigfar bersama, lalu dilanjutkan dengan aneka nasehat seputar ilmu agama.

Setelah itu, para santri akan kembali dikumpulkan di Lapangan Basket guna mengikuti kegiatan Muhadatsah atau conversation sesuai dengan Bahasa asing yang telah ditentukan di setiap minggunya. Mereka akan dibariskan sesuai kelasnya dan diberikan tema yang harus didiskusikan dengan lawan bicaranya.

Berikutnya, pukul 07.00 WIB seluruh santri juga melaksanakan olahraga yang diawali dengan senam bersama. Kegiatan tersebut dinaungi oleh Bagian olahraga OSDC (Organisasi Santri Darunajah Cipining). Kemudian disusul dengan aneka olahraga sesuai minat dan bakatnya masing-masing, seperti bermain bola basket, Volli dll. Tak lupa, para santri bergegas menuju tempat makan untuk melaksanaka sarapan pagi bersama.

Tidak selesai sampai disitu, bahwa di hari libur tersebut para santri juga meluangkan waktunya untuk mengadakan kerja bakti sosial yang terdiri dari gerakan kebersihan asrama, kamar, sekolah dan ruang lingkup asrama masing-masing. Tentu hal itu membuat para santri menjadi sehat dan kuat. Para santri akan dibagi sesuai kelasnya masing-masing untuk membersihkan beberapa zona yang ada di pesantren.

Sebelum dimulai, Bagian Kesehatan dari Pengurus OSDC juga mengumumkan hasil penilaian kebersihan selama 1 minggu kemarin. Yakni pengumuman mengenai kamar terbersih, santri terbersih, santri terbersih dan juga santri terkotor. Harapannya, para santri dapat menjaga kebersihan diri dan juga lingkungannya dengan baik agar terciptalah lingkungan yang sehat.

Berbicara mengenai kebersihan di Pesantren tidak hanya fokus di lingkup asrama, namun hal tersebut juga diterapkan di lingkungan sekolah. Hal itu dibuktikan dengan adanya pengumuman nilai kebersihan kelas yang diumumkan secara rutin setelah upacara sabtu berlangsung. Ruang lingkup sekolah dibagi menjadi beberapa zona yakni Asrama Kampus 1 untuk santriwati, Asrama Kampus 3 untuk santriwan, Kampus Cikarang untuk santri non-asrama putra dan putri.

Luar biasa! Walaupun libur KBM tapi santri Darunnajah 2 Cipining selalu bergerak, karna dalam gerakan ada barokah! Semoga dengan aneka kegiatan yang ada di pesantren mampu menjadi bekal bagi para santri agar kelak terciptalah generasi yang sehat, cerdas serta sarat akan ilmu pengetahuan dan agama. Amin!

(WARDAN/Annisa)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rahasia di Balik Keutamaan Do’a Sayyidul Istighfar

Dengan suatu keridhaan, hidup akan teresa manis, dengan untain senyum, hidup terasa ringan tanpa permasalahan, dengan istighfar akan terlampuilah segala hajat, dengan kalimat do’a yang