Penyakit jantung merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Menurut penelitian bahwa penyakit jantung sering menyerang penderita pada waktu pagi hari dan menyebabkan si penderita merasakan sesak dibagian jantung.

Penyakit jantung sering menyerang pada usia manula kurang lebih 40 tahun ke atas. Penyebab utama penyakit mematikan ini adalah  merokok dan polusi udara. Penyakit ini menyebabkan jantung akan bewarna merah tua dan dinding jantung terjadi kekroposan sel-sel karena terhalang dan asap-asap yang menghalangi sel-sel darah dalam peredaran darah.

Untuk menjaga kesehatan jantung maka dianjurkan :

1. Memperbanyak minum air putih karena air putih dapat menetralisir racun   dalam tubuh dan sangat berguana bagi ginjal, melalui ginjal racun di dalam jantung akan dibuang melalui air seni.

2. hindari rokok sedini mungkin, karena rokok mengandung zat aditif yang mengganggu syaraf perangsang kita dan zat dalam rokok baru dapat dinetralisir setelah 10 tahun di mulai sejak kita pertama kali kita meninggalkan rokok sampai 10 tahun, setelah itu baru jantung akan terbebas dari asap rokok.

3. Olah raga di pagi hari, selain sebagai penyehat tubuh olahraga di pagi hari bagus bagi jantung karena udara di pagi hari belum tercemar dengan polusi. Olahraga dipagi hari juga melatih jantung untuk memompa darah lebih cepat daripada waktu kita santai.

Sumber : Bapak Priyo dalam Pelatihan Jurnalis Guru

nanink