Jadi Santri Darunnajah Cipining, Mau?
Menu

Jadi Santri Darunnajah Cipining, Mau?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Biasanya anggapan orang tentang pesantren adalah norak, kuper, jadul, dan hal-hal lain yang sangat marginal. Eits…tunggu dulu, disadari atau tidak pesantren kini malah jadi rool model lho buat yang namanya boarding school. Ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan pesantren ternyata dilirik para praktisi pendidikan dalam membangun sistem pendidikan kekinian. Pesantren memiliki metode pembelajaran efektif bagi remaja. Tidak saja keilmuan, namun pesantren mengasah mental bahkan dalam sisi spiritual.

Dari sisi keilmuan (akademik), pesantren tidak kalah dengan sekolah-sekolah lain. Justru bisa dibilang, pesantren banyak kelebihannya. Contoh sederhanyanya adalah jika di sekolahan biasa terdapat ujian semesteran, di pesantren juga ada. Sisi kelebihannya adalah adanya ujian lisan. Ujian lisan ini bertujuan untuk mengasah dan menguasai semua materi yang sifatnya pemahaman dan hapalan. Ujian lisan ini dilaksanakan sebelum ujian tulis. Diharapkan, dengan diawali ujian lisan, dalam ujian tulis, para santri tidak lagi mengalami kesusahan.

Ujian lisan dilakukan sebagaimana halnya interview atau wawancara. 1 peserta ujian akan berhadapan dengan 2 guru penguji. Namun, point terbesar dari maksud ujian lisan adalah praktik bahasa asing yaitu bahasa Arab dan Inggris. Jadi, ujian lisan ini juga sebagai ukuran guna melihat kemampuan praktis santri dalam menguasai bahasa Arab dan Inggris.

Efektif bukan…? Banyaknya kasus mencontek sewaktu ujian dengan 1001 cara, itu terjadi pada ujian tulis. Bagaimana dengan ujian lisan,  tentu akan sangat sulit. Coba, mau nyontek dengan cara apa? Apalagi dengan posisi 2 penguji yang tepat berada di depannya. Paling pilihannya, menjawab atau diam. Tapi, bagi santri yang telah mempersiapkan materi dengan baik, ia akan sangat mudah dan terbiasa dengan cara seperti ini. Luar biasa kan???

Sekarang dari sisi mental. Di pesantren, ada yang namanya agenda wajib yang bernama latihan pidato atau muhadloroh. Di Darunnajah Cipining, latihan pidato ini termasuk dari salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib, selain pramuka dan silat. Sisitematika kegiatan Muhadloroh yaitu setiap santri akan mendapatkan kesempatan bergiliran bertugas sebagai orator, terkadang menjadi MC atau pembaca kalam ilahi. Tendensi kegiatan ini untuk melatih emosi dan mental santri berbicara di depan umum. Sebagaimana layaknya orang, banyakkan yang grogi dan demam panggung  jika harus presentasi atau berbicara di depan umum. Nah, metode ini, insyaallah akan mengurangi bahkan membiasakan santri piawai bersilat lidah menyampaikan dakwah kepada masyarakat melalui lisan.

Menjadi orator di panggung, akan berakibat pada meningkatnya rasa percaya diri santri. Hayo, siapa yang tidak percaya diri???

Sedangkan pada sisi spiritual, pesantren adalah tempatnya. Tidak diragukan lagi, sholat 5 waktu berjamaah di masjid itu wajib. Setiap selesai sholat, ada pengajian dan pengkajian Al-Qur’an dan Assunnah dalam bingkai ta’lim. Soal puasa, juga tiak diragukan. Selain puasa sunnah Senin dan Kamis, puasa sunnah 3 hari dalam pertengahan bulan pun dilakukan setiap bulannya. Puasa sunnah itu dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 penanggalan Islam. Rasulullah menamakannya dengan ‘ayyamul bidh’ (puasa putih-red).  Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai). Mantaafkan???

Di pesantren, kegiatan telah diatur selama 24 jam. Disiplin memang menjadi ukuran dan kriteria. Diawali dengan disiplin menjalankan sholat berjamaah di awal waktu serta diharapkan akan merembet ke semua jenis kegiatan. Didiplin wajib dijunjung tinggi, karena ia akan menjadi asbab kesuksesan. Guna mendukung itu, pesantren juga mendidik apara santri dalam berorganisasi. Para pengurus organisasi membuat disiplinnya masing-masing mengacu kepada sunnah-sunnah pesantren.

Masih ragu dan mikir buat masuk pesantren? Langsung berkunjung dan daftar aja di Pesantren Darunnajah Cipining!!! (Warna/Ayu Lestari_14 Maret 2012_5B)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Kedatangan Santri Putra Kelas 5 Dan 6 TMI

Kedatangan Santri Putra Awal Semester Genap 2015Kedatangan Santri Putra Baru Dipondok Pesantren Darunnajah 2 CipiningKedatangan Santri Baru PutraSuasana Kedatangan Santri Baru (Putra) Di Pesantren Darunnajah