Search
Close this search box.
blank

Intip kegiatan Ramadhan Ust Wafiq di Lebanon

Intip kegiatan Ramadhan Ust Wafiq di Lebanon

blank

blankAlhamdulillah Ramadhan tahun ini merupakan tahun pertama Ust Wafiq menjalankan puasa di luar negri, yakni lebanon. Setelah beberapa bulan sebelumnya beliau lulus dari ujian, hingga melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Beliau merupakan salah satu alumni dari Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang lulus ujian keluar negri  yaitu lebanon.

Pada bulan Ramadhan ini, ada banyak kegiatan yang di isi beliau. Selain melaksanakan puasa, tadarus Al-Qur’an dan tarawih, kegiatan atau kesibukan lain yang dilakukan ust wafiq selama bulan Ramadhan adalah mempelajari Sanad Qiro’ah Kitab “Adab Al-Mufrod” Imam Bukhari, bersama Syeikh Malik Kholid Al-Judaidah.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yaitu bertepatan dengan 8-10 Ramadhan atau Sabtu, 3-5 Juni 2017 kemarin, agenda ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 – 17.30 WIB begitu seterusnya selama 3 hari.

Adapun jumlah hadits yang dipelajari adalah sebanyak 1.322 hadits. Kegiatan ini dihadiri oleh Peserta Ijazah Qiro’ah meliputi Masyaikh, Asatidz, Mahasiswa, maupun siswa. Selain dari kalangan laki-laki, adapula peserta dari kalangan perempuan yang tentunya sudah pasti pakai penghalang/hijab.

Kegiatan ini bertempat di masjid Halba Akkar Lebanon, yang kebetulan tidak jauh dari Universitas dimana tempat ust wafiq menimba ilmu.

Sanad Qiro’ah yang dipelajari ini merupakan sanad yang mutawasshil (bersambung) sampai kepada Imam Al-Bukhari, sedang nama kitab “Al-Adab Al-Mufrod” nya sendiri belum dinamai oleh Imam Al-Bukhari, akan tetapi dinamai oleh murid-murid setelah beliau.

Demikian kegiatan ust wafiq pada minggu kedua dibulan Ramadhan sebagaimana dipaparkan diatas, informasi didapat dari Ust Wafiq langsung melalui via whatsapp kepada penulis. Semoga segala aktivitas yang dijalani mendapat Ridha dari NYA Aamiin.

Syathirblankblank

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah