Inilah Fungsi Amaliyah Tadris Di Pondok Pesantren

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

TMI (Tarbiyatul Mu’alimin wal Mu’alimat Al-Islamiyah) adalah kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Darunnajah, terinspirasi dari kurikulum Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yakni KMI (Kuliyatul Mu’alimin Wal Mu’alimat Al-Islamiyah)

Apa makna dari TMI ?

TMI jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah Pendidikan guru-guru Islam. Ya, maka goalsnya atau pencapaian utamanya, dari siklus pembelajaran yang ada di Pesantren adalah melahirkan pendidik-pendidik yang bisa menyampaikan nilai-nilai Islam kepada masyarakat luas, atau minimal pada orang-orang dilingkungan sekitarnya.

Tentu mengajari nilai Islam Islam tidak dalam arti sempit, harus melulu menjadi guru di sekolah, namun lebih luas lagi.

suatu waktu KH Sofwan Manaf selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah pernah berpesan kepada seluruh santri “ Jadi apapun kamu nanti harus tetap menjadi pendidik. Jadilah pengusaha yang mendidik karyawan-karyawannya, jadilah persiden yang mendidik rakyat-rakyatnya.”

Sesuai dengan visi besar Darunnajah adalah “mencetak generasi yang matafaqih fiddin dan munzirul qaum” yang memiliki arti bahwasannya darunnajah ingin para santrinya memiliki kepahaman pada Agama Islam dan dapat menyerukannnya kepada orang-orang disekitarnya.

Maka dibuatlah kegiatan-kegiatan pesantren dengan sedemikian rupa untuk membentuk dan mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah kegiatan yang saat ini kelas Nihai’ atau  kelas 6 TMI sedang lakukan yaitu Amaliyah Tadris.

Amaliyah Tadris adalah Praktek Mengajar, kegiatan latihan mengajar ini dibimbing langsung oleh guru-guru master pada bidangnya. Hampir sama dengan mikro teaching yang dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya.

Sebelum melakukan praktek mengajar santri kelas 6 TMI dibekali pengetahuan seputar dunia pengajaran. Diantara materi pada pembekalan tersebut adalah : cara mempersiapkan materi sebelum mengajar, sifat-sifat guru secara umunm, kesalahan-keasalahan yang harus dihindari saat mengajar, cara memanage kelas hingga thariqoh tadris atau teaching method setiap mata pelajaran.

Pembekalan Amaliyah tadris ini dilakukan selama 5 hari dari tanggal 11 Januari 2020 hingga 15 Januari 2020. Kemudia dilanjut dengan pembuatan persiapan mengajar.

16-18 Januari 2020 dilaksanakan lah Amaliyah tadris perdana sebagai praktek mengajar percontohan bagi teman-teman selanjutnya. Seluruh santri kelas 6 pasti akan kebagian show mengajar di depan adik-adiknya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga tanggal 30 Desember mendatang. Banyak tahapan yang harus mereka lakukan, dan semoga proses ini bisa membentuk anak-anak menjadi pendidik yang baik di kemudaian hari. Allahumma Aamiin

 

(Wardan/iffa)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika