Menu

Ini Dia 9 Tips Memahami Aplikasi Dasar Photography

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tahukah kamu apa arti fotografi? Fotografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Fos” yang artinya cahaya dan “Grafo” yang artinya melukis atau menulis. Arti fotografi dalam bahasa inggris (photography) adalah sebuah seni, ilmu pengetahuan dan praktik menciptakan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik lain, baik secara kimia dengan menggunakan film fotografi atau secara eletronik melalui sebuah sensor gambar.

Fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

“Photography is more than a medium for factual communication of ideas. It is a creative art.” (Ansel Adams)

Fotografi lebih dari sekedar sebuah sarana ide komunikasi faktual. Fotografi adalah sebuah seni kreatif.

Berikut 9 tips memahami aplikasi dasar photography;

  1. Panning Teknik pengambilan gambar yang menghasilhkan foto dengan kesan gerak, dengan cara mengikuti gerakan obyek.
  2. Blur Teknik ini sama dengan panning hanya saja dengan cara tidak mengikuti gerakan obyek.
  3. Fotografi Malam Hari Teknik ini sama dengan blur tetapi kecepatan rana ( shutter speed ) yang dipakai lebih lambat dan menggunakan tripod kamera trik ini biasa di kenal dengan Long Exposure.
  4. Framing Teknik pembingkaian obyek guna memberikan kesan mendalam atau dimensi dan perspektif pada obyek foto, yaitu dengan cara mengisolir obyek dari benda-benda atau warna disekitarnya.
  5. Siluet Teknik pencahayaan untuk menampilkan bentuk obyek, tanpa menunjukkan detailnya.
  6. Zooming Teknik menyetel kamera pada prioritas kecepatan, dengan kecepatan lambat (kurang dari 1/8 detik) bersamaan rana sedang membuka sambil gelang zoom ditarik dari jarak titik bakar paling kecil ke paling besar.
  7. FOCUSING Teknik memotret objek dengan memfokuskan salah satu objek dari 2 objek atau lebih.
  8. Levitation Teknik ini membuat objek yang difoto terlihat seolah-olah seperti melayang. Dalam pembuatannya teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan proses edit maupun tanpa edit (manual).
  9. Rule of Third adalah aturan komposisi dimana bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar, baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda memiliki 9 area yang sama besar.Nah hasil dari pembagian bidang tersebut kita memliki pertemuan 4 titik.untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan gambar dibawah.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait