Infaq Abu Thalhah – radiyallahu ‘anhu –

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Masjid SampingAnas meriwayatkan, “di Madinah, Abu Thalhah ra ialah orang Anshar yang paling banyak hartanya, yaitu berupa pohon kurma. Harta yang paling ia sukai ialah kebun bairuha’ yang menghadap ke masjid. Rasulullah saw sering masuk dan minum airnya yang segar. Ketika turun ayat:

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ (٩٢)

‘Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya.’ (QS Ali Imraan: 92)

Abu Thalhah pergi menemui Rasulullah saw lalu berkata, ‘Sungguh Allah swt telah berfirman; ‘Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai…’ (QS Ali Imraan: 92) dan hartaku yang paling aku cintai ialah bairuha’. Harta itu aku sedekahkan karena Allah. Saya mengharapkan kebajikan dan pahalanya disisi Allah. Karena itu, gunakanlah menurut yang terbaik bagi anda sesuai yang di wahyukan kepada anda wahai Rasulullah.’” Anas berkata, “Lalu Rasulullah saw bersabda:

بَخْ ذَلِكَ مَالٌ رَابِخٌ ذَلِكَ مَالٌ رَابِخٌ وَقَدْ سَمِعْتُ مَا قُلْتَ فِيْهِ وَإِنِّيْ أَرَى أَنْ تَجْعَلَهَا فِي الْأَقْرَبِيْنَ

‘Bagus, itulah harta yang beruntung, itulah harta yang beruntung. Sungguh saya telah mendengar apa yang kau utarakan dan saya berpendapat agar kau memberikan sedekah itu kepada kerabatmu.’ Lalu Abu Thalhah berkata, ‘Saya akan melakukannya wahai Rasulullah.’ Kemudian Abu Thalhah membagi-bagikan harta tersebut untuk kerabat dan keturunan pamannya.” (Muttafaq Alaihi dari hadits Anas ra)

[WARDAN/@abuadara]____________________

Disampaikan pada Talim Bakda Maghrib, Ahad 3 Februari 2013, di Masjid Jamik Pesantren Darunnajah Cipining oleh santri Kelas 6 TMI

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait