Idul Adha: Solat & Penyembelihan Hewan Qurban Di An-Nahl Darunnajah 5

Halo Semua, siapa sih yang tidak mengenal dengan yang namanya idul adha & qurban? pasti sudah tahu semua kan?
ya, idul adha adalah acara atau kegiatan tahunan yang sering dilakukan setiap tahunnya oleh umat islam. Kegiatan ini mengingatkan kita kepadpada kisah nabi ibrahim a.s yang mengurbankan anaknya nabi ismail as.

santri mengembala kambing kurban di pondok pesantren an-nahl darunnajah 5

santri belajar mengembala kambing qurban

Mari kita melihat sekilas apa itu idul adha!

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Iduladha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Iduladha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Iduladha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji

Selanjutnya bagaimana

Keluarga besar Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 setiap tahunnya selalu memperingati hari raya idul adha beserta warga sekitar pondok. kegiatan ini dilaksanakan karena untuk mempererat silaturahim kepada warga di sekitar pondok an-nahl Darunnajah 5.

Selain melaksanakan Shalat Id berjamaah para santri dan juga masyarakat pun ikut berantusias dalam penyembelihan hewan qurban. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah pondok pesantrean An-Nahl Darunnajah 5.

Setiap tahunnya alhamdulillah selalu berdatangan hewan yang akan di qurban kan di Pondok Pesantren An-Nahl baik dari santri, ustad, masarakat, maupun lembaga lain.Dan dilaksanakan pemotongan hewan qurban selama 4 hari berturut-turut.

Selain warga an-nahl para komite pondok peesantren an-nahl pun turut berpartisipasi dalam kegiatan idul adha ini. Mulai dari penyembelihannya, peracikan hewan qurban lalu mengemas daging qurban, dan membagikan dagingnya kepada warga an-nahl dan sekitarnya.

semoga dengan idul adha dapat mempererat silaturahmi dan berbagi kebahagiaan kepada orang lain. sampai jumpa lagi.

(TIX/Santri An-Nahl)