Menu

Hidup Sehat Bersama Dokter Kecil Darunnajah Cipining

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Cuci tangan sebelum makan, gosok gigi sebelum tidur, dan kuku tidak boleh panjang, adalah beberapa syarat untuk menjalani kehidupan sehat. Begitulah hal yang disampaikan dokter kecil bernama Bayu Arif Sulana dan Zahref Hagillah. Bayu dan Hagi, nama akrab keduanya yang kini duduk di kelas 5 MI Darunnajah Cipining.

Presentasi Hidup Sehat Oleh dokter Kecil
Presentasi Hidup Sehat Oleh dokter Kecil

Keduanya, bersama teman-teman kecilnya yang berjumlah 143 anak dari berbagai sekolah tingkat dasar di Jabodetabek, Bandung dan Sukabumi, telah mengikuti penataran dokter kecil bersama Lifebuoy pada akhir bulan Juni lalu. Maka, menurut Bayu, tugas utamanya kini adalah menyampaikan pesan hidup sehat kepada teman-teman di lingkungannya.

Dan tugas itupun disambut dengan baik. Berawal dari teman-teman sekelas dan satu sekolah, hidup sehat  mulai ditularkan. Di depan teman-teman kecilnya, kedua dokter kecil ini mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik.

Dengan mengenakan baju seragam dokter kecil berwarna putih bersih, bertopi merah, dan berbekal satu tas berisi perlengkapan alat demontrasi kesehatan, dokter kecil Bayu dan Hagi melaksanakan tugasnya. Seperti halnya yang dilakukan keduanya di depan peserta Jambore dan Raimuna (Jamrana) ke-23 tahun 2010 di pesantren Darunnajah Cipining (25-28/07/2010)

Demo Mencuci Tangan
Demo Mencuci Tangan

Di depan peserta Jamrana, dokter Bayu kembali meresepkan hidup sehat dimulai dari cara makan yang bersih, yaitu mencuci tangan. Di awal presentasi, sang dokter kecil memanggil satu orang untuk diidentifikasi tangannya menggunakan detektor bakteri. Dengan alat itu, mereka mendapati bahwa sebelum dicuci, tangan banyak mengandung bakteri. Kemudian, tangan dicuci menggunakan Lifebuoy dan kembali diidentifikasi. Hasilnya, bakteri berkurang atau hilang sama sekali.

Selain itu, dokter kecil juga mengajak hidup sehat dengan berprilaku bersih, tidak membuang sampah sembarangan. Maka seusai presentasi, dokter kecil Bayu mengajak kepada seluruh peserta untuk membersihkan lingkungan sekitar Jamrana.

Sementara itu, pembina kedua dokter kecil, Ustadzah Teti Maryati mengatkan bahwa kegiatan kedua dokter kecil ini akan dilaporkan kepada pihak Lifebuoy. Maka setiap selesai melaksanakan tugas, kedua dokter tersebut akan mencatatnya dalam buku harian dokter kecil. “Bayu dan Hagi adalah dokter kecil angkatan pertama dari Lifebouy. Rencananya, Lifebuoy akan kembali mengadakan penataran dokter kecil kembali nanti di Jawa Tengah dan Surabaya” kata Ustadzah Teti menambah penjelasan. (Wardan/Billah)

Inpeksi Dokter Kecil ke Tenda Peserta Jamrana
Inpeksi Dokter Kecil ke Tenda Peserta Jamrana
Mencatat Setiap Kegiatan Penyuluhan Hidup Sehat
Mencatat Setiap Kegiatan Penyuluhan Hidup Sehat
Kebersihan Lingkungan Sebagai Awal Hidup SehatKebersihan Lingkungan Sebagai Awal Hidup Sehat

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III