Hebat! Musabaqoh Khitobah di Pesantren Darunnajah

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

blankMenjelang ujian Mid Semester, Pesantren Darunnajah 2 Cipining melalui berbagai bagian dalam kepengurusan OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) maupun Koordinator mengadakan aneka kegiatan seru dan bermuatan edukatif sebagai simbol penutupan kegiatan extrakulikuler selama ujian berlangsung. Salah satunya adalah dengan mengadakan musabaqoh khitobah atau yang akrab disebut speech contest yang dilaksanakan untuk santri lokal asrama kampus 2.

Jum’at, 20/9/18. Musabaqoh Khitiobah berlangsung di Lapangan merah Asrama Kampus 2 tepatnya selepas isya berjama’ah. Menurut informasi dari panitia ujian bahwasannya ujian akan berlangsung selama 2 pekan yakni terhitung sejak tanggal 29 September 2018 s.d 11 Oktober 2018.

Tidak hanya santri lokal kampus 2 yang sibuk mengadakan speech contest, namun juga kampus dan santri lainnya juga turut mengadakan kegiatan tak kalah menarik dan seru diantaranya:

kampus 1: Expo OSDC dan Koordinator

kampus 2: Speech Contest

Kampus 3: OSDC Awards

Ke-3 acara tersebut adalah sebagai ajang pentuup extrakulikuler santri sebelum menghadapi ujian Mid Semester. Saat ini Pesantren Darunnajah 2 Cipining memiliki beberapa lokasi dan asrama diantaranya: asrama kampus 1 untuk santriwati, asrama kampus 2 untuk santri lokal putra dan putri, asrama kampus 3 untuk santriwan, dan asrama kampus 4 untuk Santri Cilik.

Berikut sedikit gambaran mengenai 3 agenda besar dalam 1 malam yang berlangsung di Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor.

Expo OSDC dan Koordinator

Expo merupakan salah satu program wajib tahunan untuk pengurus OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) dan Koordinator. Dalam kesempatan tersebut, pengurus OSDC menggelar sebuah pameran mengenai berbagai inventaris yang dimiliki. Tak salah, banyak hal dan bukti nyata yang ditampilkan oleh 17 bagian yang ada di OSDC dan Koordinator. Seperti sekretaris, bendahara, bagian kesehatan, bagian Bahasa, bagian keamanan, bagian kesenian, bagian ibadah dan masih banyak lagi.

Selain para santri diberikan aneka pameran seru, mereka juga dihibur dengan beberapa penampilan seru seperti drama dan nasyid selama acara expo berlangsung. Acara dipandu oleh ketua OSDC Pi yakni saudari Cholifah dan Widya Khoirunnisa.

Speech contest

Acara Speech contest berlangsung di Lapangan Asrama Kampus 2. Kegiatan ini diikuti oleh santri Lokal Pesantren Darunnajah 2 Cipining putra. Perlombaan yang diadakan terdiri dari 3 bahasa yakni Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai juri yakni Ust. Imam Ghozali, S.Pd.I selaku guru Bahasa Indonesia, Ust. Hilman Aziz selaku Pembimbing OSDC Kampus 2, dan Ust. Solehudin Hidayat selaku Kepala Asrama Kampus 2.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh segenap ustadz dan juga Ka. Biro Pengasuhan Santri yakni Ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I. dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang pentingnya perlombaan khitobah bagi santri. Karena kedepannya para santrilah yang akan meneruskan perjuangan para da’i atau tokoh tokoh penting seperti Aa Gym, Ust. Yusuf Mansyur dll. Beliau juga merasa bangga atas peningkatan yang dimiliki oleh santri lokal asrama kampus 2 yang pada tahun ini mampu melaksanakan perlombaan khitobah dengan sangat baik.

Berikut adalah para juara dalam perlombaan Khitobah:

  1. Bahasa Indonesia : Gibran Rumi Al- kifahi (X A SMK)
  2. Bahasa Arab : Zacky Ahmad Fauzi (5 F MA)
  3. Bahasa Inggris : M. Nendi Kumara (XI A SMK)

Santri terbaik dalam berbagai bagian di OSDC kampus 2:

  1. Keamanan : Insan Kamil
  2. Bahasa             : Gibran Rumi
  3. Ibadah & Ta’lim : Chairil Anwar
  4. K4 : Reyhan Ramadhan
  5. Olahraga : Indra Irawan
  6. Kesenian : Andika Bayangkara

Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan dengan aneka penampilan seru diantaranya Marawis, puisi perjuangan, drama kidz zaman now. Malam itu acara begitu ramai dengan tepuk tangan dan juga tawa bahagia.

OSDC AWARDS

Sesuai dengan nama acara yang diusung yakni OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) Awards, adalah sebuah acara penghargaan bagi para santri yang berprestasi dan juga terajin di berbagai bagian yang ada di dalam OSDC maupun Koordinator. Acara dilaksanakan di Aula Asrama Kampus 3 yang diikuti oleh seluruh santriwan kelas 1 s.d 6 TMI.

Hadir dalam kesempatan tersebut yakni Ust. Zenal Muttaqien dan Ust. Mukmin Hidayat selaku Kepala Asrama Kampus 3, beserta seluruh jajaran pembimbing OSDC dan Koordinator putra. Bertindak sebagai MC yakni Ananda Ahyaudine dan Syukron Maulana keduanya merupakan santri kelas 4 MA. Acara diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh saudara Faiq Aufa.

Berikut nama santri terbaik dari berbagai bagian OSDC yang terpilih:

  1. Ketua : Syarif Ardian
  2. Tahfzhul Qur’an : Muhammad Fajriadi
  3. Keamanan : Maulana Maghribi
  4. K4 : Amirul Riyandi
  5. Ibadah : Fadhilluzaki
  6. Bagian Bahasa : Ahmad Rizky Nur Rajab
  7. Kesejahtraan : Gusti Nur Ahmad
  8. Olahraga : Nazwan Hafiz
  9. Perpustakaan: Farhan Fauzi
  10. Kesenian : Dzikri Anugrah
  11. Penerimaan Tamu: Labib Adnan
  12. Kantin : Muhammad Zinadine Zidane
  13. Wakaf : Rizman Reza

Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan dengan beberapa penampilan menarik seperti Dance, Hadroh dan juga Puisi yang ditampilkan oleh para santri putra. Semoga dengan diadakannya berbagai kegiatan yang diadakan di pesantren, mampu memberikan manfaat dan keberkahan bagi para santri yang sedang menuntut ilmu di Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor. Amin!

(WARDAN/Annisa)

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir