Hari Ke-5 PORSEKA Sekaligus Pembukaan Upacara Jamrana
Menu

Hari Ke-5 PORSEKA Sekaligus Pembukaan Upacara Jamrana

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Alhamdulillah dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman dan sehat sehingga pesantren tetap dapat mengadakan berbagai kegiatan menarik dan para santripun diberikan kesehatan dan kesemangatan dalam rangka memperingati PORSEKA yang di dalamnya terdapat kegiatan Jamrana. Rabu (04/09/13).

Upacara pembukaan Jamrana dilaksanakan di 2 tempat, untuk seluruh santriwati ditempatkan di Lap. Kampus 1 dan seluruh santriwan dialokasilan di Lap. Kampus 2. Acara pembukaan Jamrana dihadiri langsung oleh segenap Ustadz/ah yang berperan langsung sebagai pembimbing kegiatan.

08.00 acara Upacara Pembukaan Jambore dan Raimuna dimulai, dalam kesempatan kali ini di hadiri langsung oleh usth. Putri Khoirunnisa selaku pembina upacara kampus 1 dan Ust. Dimyati sebagai Pembina Upacara Kampus 2. Hal ini dilaksanakan karna bukan hanya dalam aturan pesantren santri putra dan putri harus dipisah tapi jug merupakan kode etik pendidikan pramuka itu sendiri.

Acara pembukaan terdiri dari pembacaan Pancasila, Dasa Dharma, Trisatya dan amanat yang disampaikan oleh pembina upacara masing-masing. Tak hanya itu setelah upacara selesai dan kegiatan Jamranapun resmi dibuka terlihat nuansa senang dan semangat yang tinggi salah satunya dengan mengeluarkan yel-yel dari masing-masing kelompok.

Acara kembali dilanjutkan dengan Anjangsana, kegiatan ini bertujuan agar para santri lebih mengenal satu sama lain bukan hanya sekedar tingkatan kelas tapi juga daerah dll. Dalam kegiatan ini menggabungkan seluruh peserta Asrama dan Non Asrama guna memperkuat tali ukhuwah dan memiliki nuansa kegiatan yang kompetitif dan sportif dalam setiap lombanya.

Mengingat kegiatan yang 1 ini sangat melekat dan dominan sekali dengan pramuka maka medannyapun sedikit berbeda diantaranya para santri diwajibkan tidur ditenda selama 3 hari 2 malam, belajar mengenal alam lebih luas dan masih banyak lagi. Walaupun lelah banyak santri yang mengaku ketagihan kalau sudah berpetualangan dalam ajang pendidikan kepramukaan.

Adapun lomba perdana yang diadakan selepas shalat Ashar berjama’ah adalah lomba Pionering, SMS (Sandi Morse Semaphore), Menaksir, Panorama Skets, Crazy yel, Hand made, Karikatur, Kaligrafi. Kemudian dilanjutkan kembali Selepas Shalat Isya Berjama’ah yakni Lomba Nasyid, Karaoke dan Fashion Show. Seluruh mata lomba dinilai langsung oleh ustadz/ah.

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Kenikmatan Yang Membuat Manusia Tertipu

Islam menempatkan waktu sebagai suatu perkara penting bagi kehidupan manusia, jika tak dimanfaatkan dengan baik, maka kerugianlah yang akan di dapatkan. Waktu merupakan salah satu