Jakarta/dn.com – Hari pertama Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional ( UAMBN ) telah berakhir. Dimulai pukul 08.00 wib sampai 11.30 wib. Bertempat di 18 lokal kelas yang dipakaiĀ  dan berisikan 20 santri per-kelas menjadikan suasana ujian menjadi lebih khidmat. Itu semua dikarenakan lingkungan yang sepi dari keramaian dan juga kesungguh-sungguhan para santri dalam menghadapi ujian.

Adalah pelajaran Al Qur’an Hadits dan Aqidah Akhlak pelajaran yang mereka hadapi pada Senin (14/3). Dengan diawasi oleh 2 orang guru Darunnajah, hal itu memudahkan para santriĀ  yang sedang ujian ketika mendapatkan kendala dalam pemahaman soal bisa langsung ditanyakan kepada pengawas ruang. Ujian akan berlangsung selama 3 hari mulai dari Senin (14/3) sampai Rabu (16/3). Dengan ujian dapat mengukur kemampuan santri dalam pemahaman materi yang sudah didapatkan di bangku sekolah.

Dari hasil percakapan dengan salah satu santri kelas IX Arsyad bahwa hampir semua kelas IX akan melanjutkan jenjang pendidikan tingkat lanjutan di Darunnajah. Salah satu alasannya adalah karena faktor lingkungan dan pergaulan yang semuanya serba terjaga di Pesantren. Serta selama menjadi santri senior, mereka diberi kesempatan mengikuti program-program belajar ke luar negeri yang sangat memungkinkan para santri untuk ikut serta. Salah satunya adalah program One lens Program, Youth Exchanges Students ( YES ), Setelah selesai dari Darunnajah, mereka dapat mengikuti kegiatan Dauroh serta Muqobalah agar dapat melanjutkan kuliah di Madinah ataupun Mesir.