Hari Ini Pembina Pesantren Umumkan Beberapa Personalia Baru Pengurus Pesantren, Siapa Saja Mereka?

Hari Ini Pembina Pesantren Umumkan Beberapa Personalia Baru Pengurus Pesantren, Siapa Saja Mereka?

Personalia Baru Pengurus Pesantren Darunnajah 2 Cipining

Bagikan

“Alhamdulillah, Darunnajah Cipining termasuk yang istiqomah adakan Rapat Evaluasi!”, ungkap ustadz Ridha Makky, M.Pd., Pembina Pesantren, dalam sambutannya yang disampaikan di depan dewan guru peserta Rapat Evaluasi Tahun Pelajaran 2021-2022 & Penyusunan Program Kerja Tahun Pelajaran 2022-2023, hari ini Senin, 11 Dzulhijjah 1443 H/ 11 Juli 2022 M.

Personalia Baru Pengurus Pesantren Darunnajah 2 Cipining

Anggota Dewan Nazir Yayasan Darunnajah tersebut, juga menyampaikan ulang arahan dan nasehat Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc bahwa dewan guru harus mau dan mampu menyampaikan evaluasi, baik untuk dirinya (bagiannya) sendiri maupun bagian lainnya.

Ustadz Ridha juga menyampaikan kesyukurannya, dengan telah berjalannya pengisian form evaluasi dan solusi dalam tiga tahun terakhir ini. Hal ini dimaksudkan agar guru yang memberi masukan lebih bertanggung jawab, tidak lagi berupa ‘surat kaleng’ yang terkadang hanya berupa keluhan saja.

Berikutnya, Pembina Pesantren lainnya, Ustadz Musthofa Zahir, Lc., MA., mengumumkan beberapa personalia baru Pengurus Pesantren untuk tahun pelajaran 2022-2023. Sebenarnya, sebagian besarnya adalah personalia lama Pengurus Pesantren, hanya saja mendapatkan amanah baru.

Ustadz Musthofa yang dalam waktu dekat ini akan menuntaskan pendidikan Doktoralnya, menjelaskan bahwa perubahan struktur ini merupakan hasil pertimbangan dan musyawarah tiga Pembina Pesantren. “Sesuai semangat yang pesantren ikuti selama ini, harus ada regenerasi dan kaderisasi, patah tumbuh hilang berganti, belum patah sudah tumbuh, belum hilang sudah ada gantinya lagi!”

Berikut personalia baru dimaksud dan amanah yang diembannya:

1. Ustadz Isa Abdillah, S.E., sebagai Pengawas Pesantren bersama dua pengawas lama: Ustadz Drs. Abdul Rasyid dan Ustadz Atijan Yani, S.Pd.I.

2. Ustadz Iwan Setiawan, S.Pd.I., sebagai Kepala SMP Darunnajah, menggantikan Ustadz Isa Abdillah, S.E.

3. Ustadz Katena Putu Ghadi, S.Pd.I sebagai Direktur TMI menggantikan Direktur TMI lama, Ustadz Ridha Makky, M.Pd.I. yang harus lebih optimal sebagai Wakil Pengasuh Pesantren di Darunnajah 2 Cipining. Sebelumnya, Ustadz Katena adalah Wakil Direktur TMI dan Kepala Madrasah Aliyah (MA).

3. Ustadz Imam Ghozali, S.Pd.I sebagai Kepala MA. Sebelumnya, Ustadz Imam adalah Wakil Kepala MA dan Kepala Asrama Santri Cilik.

4. Ustadz Abu Shobirin, S.Pd.I sebagai Kepala Asrama Santri Cililk.

5. Ustadz Zaenal Muttaqin, S.E., sebagai Kepala MTs menggantikan Ustadz Nasihun Sugik, S.E., M.M., yang harus lebih fokus lagi sebagai Pembina Pesantren. Ustadz Zaenal sebelumnya sebagai Wakil Direktur Departemen Pengasuhan Santri.

6. Ustadz Mukmin Hidayat, S.Pd.I., sebagai Wakil Direktur Departemen Pengasuhan Santri, mendampingi Direktur Departemen Pengasuhan Santri, Ustadz Sholehuddin Hidayat. Sebelumnya, Ustadz Mukmin adalah Kepala Asrama Santriwan Kampus 3.

7. Ustadz Muhammad Fariz Khairul Fajri, Lc., sebagai Kepala Asrama Santriwan Kampus 3, bersama Kepala Asrama lama, Ustadz Sony Ariyanto.

8. Ustadz Asmari, M.Kom., AlH afidh, selain masih sebagai Kepala Lembaga Tahfidzul Al Qur’an (LTQ), juga sebagai Kepala Satuan Pendidikan Mu’adalah (SPM).

9. Ustadz Sofyan Tsauri, S.H., Al Hafidz, sebagai Kepala Bagian Peribadatan Pesantren. Sebelumnya, Ustadz Sofyan adalah Kepala Asrama Tahfidz Putra.

10. Ustadz Ahmad Hanief Jiddan,  Al Hafidh sebagai Kepala Asrama Tahfidz Putra.

11. Ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I., M.Pd., disamping sebagai Pemimpin Redaksi Warta Darunnajah 2 Cipining (Wardan), juga memperkuat Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Darunnajah membersamai Ustadz Musthafa Kamal, M.Ag., dan Ustadz Ahmad Rasikhin Wasyraf, M.M.Pd.

11. Ustadzah Shohwatul Huda sebagai Kepala Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Darunnajah.

12. Ustadzah Fina Meilani sebagai Kepala Asrama Santriwati Kampus Satu, mendampingi dua Kepala Asrama lama: Ustadzah Elni MawarekaN dan Ustadzah Nadia Nurrosyida Putri. Adapun Kepala Asrama Tahfidz Putri tidak ada penambahan dan atau perubahan, yakni Ustadzah Nur Ajizah Al Hafidzah.

Penyampaian LPJ Departemen Usaha

Penyampaian LPJ Departemen Wakaf

Setelah pengumuman personalia baru, agenda dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) oleh masing-masing Direktur Departemen Pendidikan (TMI), Pengasuhan Santri, Hubungan Masyarakat dan Pengkaderan, Administrasi dan Keuangan, Rumah Tangga, Wakaf, Usaha, dan Sumber Daya Manusia. Kemudian dilanjutkan dengan sidang komisi dan sidang pleno. Dalam sidang komisi dan sidang pleno akan dibahas berbagai masukan atas perjalanan kinerja masing-masing departemen selama satu tahun pelajaran 2021/2022, dan sekaligus perencanaan program kerja untuk tahun pelajaran 2022/2022 mendatang. (Wardan/Mr. MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah