Hari Akhir Ujian Tulis Santriwati Al-Hasanah Ditutup Dengan Sujud Syukur Bersama

Hari Akhir Ujian Tulis Santriwati Al-Hasanah Ditutup Dengan Sujud Syukur Bersama

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...

Sebuah peperangan yang selama ini telah ditempuh selama 12 hari akhirnya terselesaikan dengan baik. dengan senjata pikiran, tenaga, dan qolam alhamdulillah semua santri bisa menyelesaikan ujian tersebut dari awal hingga akhir. ujian ini merupakan ujian akhir semester bagi santriwati ditahun ini. dimana setelah ini akan dilanjutka dengan tahun ajaran baru dan kenaikan kelas menjadi lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

Semua tenaga, pikiran, dan waktu telah diperjuangkan demi ujian ini.  tanpa ditanya lagi, bahwa dalam ujian pasti semua santri menginginkan hasil yang bagus dan membanggakan. dalam setiap kegiatan yang kita kerjakan, haruslah kita bersyukur atas segala hal. baik berterimakasih atas diri sendiri maupun berterimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat-Nya.

Dalam rasa syukur tersebut, seluruh santri mengapresiasikannya dengan cara sujud syukur bersama tanpa kesyukuran mereka akan selesainya ujian tersebut. dipimpin oleh Al-Ustadzah Sahnaz Zillah Rukmana semua santri turut mengikuti sujud dyukur tersebut dengan khusyuk.

Setelah melaksanakan sujud syukur tersebut, disampaikan sebuah taujihat oleh Al-Usatadz Samiyono, M.Pd demi bekal dan pelajaran untuk para santriwati dalam menimba ilmu selanjutnya.

3 Hal Yang Diuji Selama Ujian Semester  Akhir:

Loading...

Ujian semester sejatinya adalah sarana untuk meningkatkan kemampuan diri santri dalam rangka tholabul ilmi.

Sebagaimana telah sering kita dengar dalam pepatah Arab
” Dengan Ujian Seseorang akan dimuliakan atau dihinakan”
Yaitu tergantung bagaimana sikap dan perilaku yang santri kerjakan selama hari-hari berjalannya ujian.

Ada 3 hal yang diuji selama ujian berlangsung, berdasarkan pengalaman dan pengamatan Al-Faqir.
Yang pertama adalah Ujian Level Keilmuan atau akademik, yang diuji adalah pemahaman dan hafalan santri dalam proses KBM selama 1 semester.
Yang kedua adalah Ujian mental, mulai dari kedekatan santri dengan Sang Khalik, bagaimana ia menyikapi ujian (tingkat keseriusan), termasuk yang paling mahal adalah “kejujuran” santri dalam menjawab ujian, apakah ia mencontek atau melalukan cara cara tercela lainnya.
Dan yang ketiga adalah ujian materi, dalam hal ini kemampuan ekonomi wali santri menjadi faktor utama, tidak jarang kita mendengar berbagai pengorbanan materi yang para orang tua lakukan, hingga rela menjual aset-aset berharga miliknya yang sudah ditabung bertahun-tahun lamanya demi keberhasilan sang buah hati.

Sebenarnya masih banyak ujian ujian lain yang belum kami tulis, namun ada kisah menarik dimana salah seorang santri kami yang tidak kami sebutkan namanya, ditinggal pergi oleh sang ayah untuk selama lamanya karena suatu hal, sang ayah wafat bertepatan dengan momen ujian anaknya di pondok, sang ibu menyembunyikan kabar ini dengan maksud tidak ingin mengganggu kekhusyukan anaknya yang sedang fokus ujian.
Dari sini kita fahami 1 hal lagi tentang kesakralan ujian.

Di pesantren Darunnajah ujian dilaksanakan pada bulan Ramadhan.
Semakin menambah kesakralan nilai ujian itu.

Mari kita muliakan Ujian seperti kita memuliakan bulan yang penuh berkah ini.

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah