Harap Tenang Ujian Masih Berlangsung..!
Menu

Harap Tenang Ujian Masih Berlangsung..!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Santri Darunnajah Cipining masih mengikuti ujian akhir semester ganjil (pertama) untuk pekan ketiga yang akan berlangsung hingga tanggal 17 Desember nanti. Bagi santri, ini adalah saat-saat yang berat karena ujian semester yang memang menggunakan waktu selama 3 pekan untuk 2 jenis ujian. Pada pekan awal (27/11-2/12) sebelumnya, bentuk ujian berupa lisan. Itu juga untuk 2 macam bahasa asing yaitu Arab dan Inggris.

blank

Ujian lisan, baik Arab maupun Inggris bertujuan untuk mengukur kemampuan santri dalam berbahasa asing dan menilai kompetensi materi ajar yang berkaitan dengan kebahasaan. Oleh karenanya, bentuk ujian semodel interview ini memerlukan persiapan yang matang serta mental yang kuat.

Sedangkan untuk 2 pekan ini, santri tengah mengerjakan ujian tulis dengan penggabungan antara materi madrasah (depag) dan materi pesantren (lokal). Padatnya materi yang diujikan, sehingga panitia menjadwalkan 2 sampai 3 materi untuk setiap harinya. Menghadapi 3 materi dalam sehari, panitia juga mengalokasikan waktu belajar yang mencukupi, yaitu usai sholat Shubuh hingga menjelang pukul 6. Usai sholat ashar hingga setengah 5, dan usai sholat Isya hingga menjelang tidur (21.30 WIB).

Dalam pelaksanaan ujian, panitia tetap menggunakan jadwal masuk kelas yaitu pukul 07.00 pagi. Dengan  920 peserta ujian, panitia mengalokasikan 26 ruang ujian di 3 lokasi, yaitu kampus 1, kampus 2, dan kampus 3. Untuk menjaga ketertiban, panitia juga menempatkan kepala-kepala sekolah sebagai pengawas umum pada masing-masing kampus yang bertanggung jawab terhadap kelancaran ujian.

Pada setiap ruang, terdapat 2 pengawas. Dengan demikian diharapkan pelaksanaan ujian dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu tidak terdapat peserta ujian yang memiliki kesempatan untuk mencontek dan bertindak curang lainnya. Secara bergiliran dan bertahap, panitia turut berkeliling dengan mengecek administrasi kelengkapan peserta seperti kartu peserta.

blank

Pada kesempatan ujian ini pula, panitia bekerja sama dengan pihak BP sekolah, mentertibkan santri dari rambut yang gondrong dan kuku panjang. Semua ini dilakukan agar ketertiban dan kedisiplinan tetap berjalan meskipun ujian tengah berlangsung. Hal ini sebagaimana amanat pimpinan pesantren bahwa ujian harus dilakukan dengan penuh ketenangan salah satu caranya adalah menjaga disiplin yang telah dibuat oleh sekolah.

Sementara itu, para santri telihat tampak khusu’ dalam mengerjakan setiap soal. Mereka tidak ingin menyia-nyiakan ujian ini dengan mendapat nilai yang buruk karena nilai buruk berarti mengulang. Sedangkan panitia juga telah menjdwalkan ujian ulang selama satu pekan pascaujian ini. Selamat ujian, semoga sukses…(Wardan/Billah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan