Hal Yang Lazim Ketika Ujian di Sebuah Pondok Pesantren

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Darunnajah – (17/11) Suasana ujian adalah suasana yang sangat damai di sebuah pondok pesantren. Rasa-rasanya waktu berjalan begitu lambat di satu sisi dan berjalan begitu cepat di sisi lainnya ketika ujian sedang berlangsung. Waktu berjalan lambat bukan ketika mereka melakukan aktivitas keseharian mereka dalam mempersiapkan materi yang akan diujikan melainkan ketika mereka sedang berada di dalam ruangan ujian yang durasinya tak lebih dari 1 jam terlebih lagi jika mereka tidak belajar secara sungguh-sungguh sehari sebelumnya.

Fenomena lainnya adalah ketika ujian sedang berlangsung para santri berubah menjadi sosok yang religius. Mereka yang pada hari biasanya menghabiskan waktu istirahatnya di kantin, ketika waktu ujian tiba, beralih melaksanakan dua raka’at dhuha di masjid. Ketika malam menjelma, lonceng jam sepuluh malam yang biasa mereka nantikan, mereka abaikan demi menambah porsi belajar. Menjelang subuh, mereka tunaikan dua raka’at tahajud untuk bermunajat meminta kemudahan ketika ujian.

Hal lumrah lainnya adalah para santri menjadi pribadi yang santun. Mereka menjadi pribadi yang lebih sering menyalami para asatidz yang mereka temui dan meminta do’a kepada mereka. Alangkah indahnya dinamika kehidupan pesantren yang sedemikian rupa.

Mari kita pandang hal-hal lazim tersebut dari sudut pandang positif. Betapa dahsyat sebuah ujian di sebuah pondok pesantren yang mampu merubah kehidupan mereka secara drastis. Di akhir tulisan ini, mari kita do’akan siswa akhir TMI Darunnajah yang sedang menghadapi ujian akhirnya. Semoga kemudahan selalu mengiringi setiap langkah kaki mereka ke ruang ujian. Amin!

ujian akhir TMI ponpes Darunnajah Jakarta
ujian akhir TMI ponpes Darunnajah Jakarta
whatsapp-image-2016-11-17-at-11-57-34-pm-2
ujian akhir TMI ponpes Darunnajah Jakarta
whatsapp-image-2016-11-17-at-11-57-34-pm
ujian akhir TMI ponpes Darunnajah Jakarta

(ZA)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rahasia di Balik Keutamaan Do’a Sayyidul Istighfar

Dengan suatu keridhaan, hidup akan teresa manis, dengan untain senyum, hidup terasa ringan tanpa permasalahan, dengan istighfar akan terlampuilah segala hajat, dengan kalimat do’a yang