‘Akhirnya hari ini tiba juga’, mungkin itulah sepenggal kalimat yang di ungkapkan oleh seluruh santri kelas akhir Darunnajah 2 Cipining, hari yang dinanti selama bertahun-tahun ada yang 3 tahun, 4 tahun, 6 tahun bahkan 12 tahun untuk dapat merasakan hari ini, berbagai suka duka yang selama ini mereka rasakan terbayar lunas dengan sampainya dan bisa mengikuti acara sepesial ini yakni hari Haflah Takharruj atau Wisuda Kelulusan.

Ahad 8/5/16 bertempat di Aula Kampus 3, Pondok Pesantren Darunnajah Cipining mengadakan wisuda kelulusan bagi santri kelas 6 TMI, tahun ini merupakan wisuda angkatan yang ke 23 dengan jumlah 161 wisudawan dan wisudawati santri kelas akhir MA dan SMK. Acara Haflah Takharruj ini dihadiri oleh Pimpinan Pesantren, jajaran dewan guru, wali santri niha’i, tamu undangan serta tidak ketinggalan keluarga besar Darunnajah Cipining dari setiap angkatan.
Acara Haflah Takharruj angkatan 23 atau El Hazlami dimulai pukul 08.30 Wib dipandu oleh santri kelas 5 TMI yakni Arif Pramudia dan Alif R. dengan menggunakan bahasa resmi Pesantren (bahasa Arab dan bahasa Inggris) acara dibuka dengan pembacaan surat fatihah oleh seluruh para hadirin dilanjutkan dengan Menyanyikan lagi Indonesia Raya, Hymne  Pondok dan Mars Darunnajah dipandu oleh ananda Ahmad Faqih santri kelas 4 TMI.

Acara berikutnya adalah pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh calon alumni yang telah berhasil menghafal 30 juz selama belajar di Pesantren mereka adalah santri Tahfidzul Qur’an, tahun ini ada 12 santri yang berhasil menghafal Al Qur’an 30 juz mereka adalah Fajar Dzikriansyah, Ahmad Mujahid, Opang Maulana, Ahmad Sulthoni, Lizia Eka Shinta Bella, Intan Yusuf Kadir , Hilda Damayanti, Yunita Nurkholifah, Sri Hamidah Putri, Minahul Fikriah, Mulyani Citra Insani dan Siti Sholihah Mumtazah.

wisuda 1Dalam kesempatan ini calon alumni lainnya juga tampil diatas panggung memberikan sambutan yang berisikan kesan selama menuntut ilmu di Pesantren Darunnajah Cipining, pesan kepada adik-adik kelas dan ucapan terima kasih kepada jajaran dewan guru serta semua komponen yang telah membantu perjuangannya selama berada di Pesantren, adapun sambutan ini disampaikan dalam bahasa resmi yaitu bahasa inggris oleh ananda Rizki Haris Ilhami dan bahasa arab oleh adinda Raihan Nurazizah

Wali santri juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan dalam acara yang sepesial ini, adapaun perwakilan sambutan dari wali santri tahun ini disampaikan oleh Bapak Imam Gunawan wali santri dari adinda Hanun Dzakiyah asal Bekasi, dalam sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf atas semua kesalahan putra putrinya juga ucapan banyak terimakasih kepada semua yang terlibat dalam proses pendidikan putra-putrinya selama di Pesantren, dari tukang dapur sampai Pimpinan Pesantren yang telah menjadikan putra putrinya ‘tidak tau apa-apa’ ketika masuk Pesantren dan kini pulang dengan berbagai pengalaman dan ilmu yang tertanam dalam diri mereka.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh ustadz Ridha Makky, M.Pd selaku direktur TMI, banyak hal ataupun informasi yang beliau sampaikan dari menyebutkan berbagai Universitas dalam dan luar negri yang telah bekerja sama dengan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, do’a semoga calon alumni dapat meneruskan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan diakhiri dengan menyampaikan beberapa nama santri yang mendapat nilai terbaik dalam ujian niha’i. Tahun ini ada 8 nama yang memperoleh predikat ‘Jayyid Jiddan’ mereka adalah Jihan Balqis, Laily Nadia, Nurtati Muharomah, Syifa Lestari S., Opang Maulana, Raihan Nurazizah, Minahul Fitria dan Nidaul. Sebagai simbol penghargaan mereka memberoleh sertifikat dan dipersilahkan naik kepanggung dan berfoto dengan Pimpinan Pesantren K.H Jamhari Abdul Jalal, Lc dan Dr K.H Sofwan Manaf M, Si beserta staf Pendidikan.

IMG_0953

Acara berikutnya adalah acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh santri dan hadirin yakni prosesi wisuda, proses wisudawan diserahkan oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining K.H Jamhari Abdul Jalal, Lc dengan didampingi direktur TMI ustadz Ridha Makky M, Pd, Kepala Sekolah MA ustadz Katena, S Pd.I dan Kepala Sekolah SMK ustadz Fathul Mu’min, S.Pd.I. dan proses wisudawati diserahkan oleh Hj. Rahmah Mukhoyar, Lc (Istri Pimpinan Pesantren), ustadzah Nailil Muna Shaliha, M.Si (istri Kepala SDM Pesantren), ustadzah Halimah Fitriyah Al Hafidzah (Istri Direktur TMI) dan ustadzah Kunarti Kepala Asrama Putri.

DSC_0235

Setelah selesai proses wisuda Ketua Yayasan bidang Pesantren yang juga Pimpinan Pesantren Darunnajah Pusat Dr K.H Sofwan Manaf, M. Si memberikan sambutan yang berisi ucapan selamat kepada santri yang telah berjuang keras hingga akhirnya mampu menjadi alumni Darunnajah, semoga menjadi alumni yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sebagai acara pamungkas Pimpinan Pesantren menyampaikan banyak Tausiyah kepada seluruh santri niha’i yang baru saja dilantik menjadi alumni sedikit dari point yang disampaikan adalah agar setiap alumni selalu menjaga nama baik almamater dimana dan kapapun berada, jangan putus menuntut ilmu carilah ilmu sebanyak mungkin dan senantiasa berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, tausiyah diiakhiri dengan pembacaan do’a dan diamini oleh seluruh hadirin.

Setelah penyampaian Tausiyah dilanjutkan dengan penyerahan  wakaf secara simbolis kepada Pimpinan Pesantren yang diberikan oleh ketua angkatan El Hazlami yang berupa kursi plastik untuk dimanfaatkan dalam berbagai acara yang sering dilakukan di Pesantren.

Sebelum acara wisuda ditutup, terebih dahulu para alumni membaca janji alumni bersama-sama dengan dipimpin oleh ananda Imam Turmudzi santri niha’i SMK Darunnajah Cipining dan dilanjut dengan menyanyikan lagu ‘terimakasi guru’, sebagai simbol ucapan yang tak terhingga kepada guru-guru Darunnajah Cipining yang dengan sabar dan ikhlas mengorabankan waktu dan tenaga untuk  mentransfer ilmu yang dimiliki kepada para mereka. Dan acarapun ditutup dengan pembacaan kalimah ‘Hamdallah’ dan do’a kifaratul majlis.

Sebagai puncak acara diadakan perfotoan seluruh alumni 23 dengan Pimpinan Pesantren serta dewan guru dan tamu undangan, dilanjutkan dengan jabatan tangan kepada para alumni sebagai tanda selamat atas perjuangan yang telah mereka lalui selama berjuang di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Selamat dan sukses !!! Semoga apa yang diperloah di Darunnajah Cipining bermanfaat, sehingga menjadi alumni yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa, aamiin. (Abs)

IMG_1097