Gelar Halal Bi Halal Keluarga Besar Darunnajah 2 Cipining, Inilah Pesan-Pesan Penting

Gelar Halal Bi Halal Keluarga Besar Darunnajah 2 Cipining, Inilah Pesan-Pesan Penting

Bapak Kiai Hadiri Halal Bi Halal

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

*Gelar Halal Bi Halal Keluarga Besar Darunnajah 2 Cipining, Inilah Pesan-Pesan Penting*

Sambutan Pembina Pesantren

Suasana auditorium Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor di kampus 1 sudah mulai tampak ramai meriah sejak Selasa pagi, 16 Syawal 1443 H. Begitu selesai menuruni anak tangga masuk ke aula, maka mereka langsung mengisi daftar hadir, mengambil kotak konsumsi dan menuju lokasi perfotoan. Panitia menggelar lomba perfotoan untuk memeriahkan dan menggairahkan partisipasi segenap peserta.

Ya, pada hari ini 17 Mei 2022 diagendakan Halal Bi Halal Internal bagi seluruh guru, dosen dan karyawan beserta keluarga mereka (suami,istri dan anak-anaknya). Pertemuan semakin khidmat dengan kehadiran Pengasuh dan Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc dan Nyai Hj. Rahmah Manaf Mukhayyar. Meski kondisi kesehatan Bapak Kiai sudah semakin membaik, namun Ketua Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah tersebut tidak menyampaikan sambutan.

Bapak Kiai Hadiri Halal Bi Halal

Seusai lantunan indah ayat-ayat Al Qur’an oleh Qari andalan Ustadz Muhammad Lalu Hayyi dan disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Oh Pondokku. Segenap hadirin/at dipimpin Ustadz H. Mustajab Anwar, S.Pd.I., secara khusyu’ membaca kalimat Thoyyibah yang diteruskan dengan Tahlil dan do’a-do’a untuk para Wakif, Pendiri, Dewan Guru serta keluarga besar Darunnajah yang telah lebih dahulu kembali ke haribaan Allah SWT.

Ada dua sambutan dalam pertemuan. Sambutan pertama oleh Ustadz Bayu Arif Sulana yang menyampaikan bahwa total peserta Halal Bi Halal mencapai 380 orang dan dana penyelenggaraan merupakan dana mandiri pesantren.

Berikutnya, sambutan disampaikan oleh Pembina Pesantren, Ustadz Ridha Makky, S.Pd.I., M.Pd.I. yang menjelaskan bahwa inti dalam agenda Halal Bi Halal ada tiga poin: saling meminta maaf, saling memberi maaf dan saling silaturrahmi.

Ustadz Ridha yang juga sebagai Direktur Tarbiyatul Mu’allimin/at al Islamiyah (TMI) ini menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh dewan guru, dosen dan karyawan (anshar ma’had) yang telah hadir tepat waktu ke pesantren usai liburan Idul Fitri. Ia juga menyinggung asal muasal Halal Bi Halal yang sudah sejak lama berhasil menjadi momentum untuk menyatukan perpecahan. Dicontohkan, bagaimana dulu KH. Wahab Hasbullah mengusulkan kepada Presiden Sukarno diselenggarakan Halal Bi Halal untuk menjembatani ‘konflik’ antar tokoh bangsa dan elit politik.

Anggota Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah tersebut juga menyampaikan bahwa Halal Bi Halal sebagai upaya ‘merapatkan barisan’ segenap komponen Darunnajah. “Nanti sore, 18 orang dari Kepala Madrasah dan Direktur Departemen sudah harus check in di Darunnajah Jakarta untuk ikuti In House Training (IHT) pada keseekon harinya. Kan biasanya IHT diadakan di awal Tahun Pembelajaran? Iya, ini karena cabang-cabang Darunnajah terus bertambah, sampai Darunnajah 21. Maka perlu peningkatan kualitas!” ungkapnya penuh semangat.

Taushiyah Hikmah Halal Bi Halal

Adapun Taushiyah hikmah Halal Bi Halal disampaikan oleh Pengawas Pesantren, Kiai Atijan Yani, S.Pd.I. Dengan pembukaan ceramah khas para muballigh kondang, Ustadz Atijan berhasil membawa hadirin/at memusatkan perhatian kepadanya. Dalam durasi sekira 30 menit, ia mengulas Hadits Rasulullah yang berisi 4 amalan agar kita masuk surga dengan selamat:

Pertama, menebarkan salam. Kedua, menyambung silaturrahim. Ketiga, berbagi makanan. Keempat, sholat/qiyamullail ketika manusia terlelap dalam mimpi buaian tidur malam. Ustadz Atijan menjelaskan setiap poin dengan apik dan menarik, diselingi pantun dan sya’ir nada dan dakwah ala Bang Haji Rhoma Irama.

Pembagian Doorprize Untuk Memeriahkan Halal Bi Halal

Seusai doa, pertemuan tersebut disempurnakan dengan mushafahah (berjabat tangan) yang dibagi dua: seluruh hadirin bersalaman kepada Bapak Kiai dan seluruh hadirat berjabat tangan dengan Ibu Nyai.

Perlombaan Foto Peserta Halal Bi Halal

Selesai jabat-tangan, sembari menikmati lezatnya makan siang, suasana semakin seru dengan pembagian doorprize dari mesin cuci, kulkas hingga hanger jemuran. Semuanya sabar menanti nomer yang telah diambilnya ketika mengisi daftar hadir akan disebut oleh Ustadz Mukmin Hidayat dan Udtadz Ghifari sebagai mc, sehingga berhak mendapatkan hadiah-hadiah tersebut. Tak terasa, sesi doorprize menghantarkan mereka kepada waktu jelang Sholat Dzuhur. Pertemuan selesai. Semuanya keluar dari aula dengan hati bahagia.

Melalui grup whatsapp guru Darunnajah 2 Cipining, Direktur Departemen Sumber Daya Manusia (SDM), Ustadz Yogi Saputra, S.Pd. selaku pembimbing panitia pelaksana mengungkapkan kesyukuran atas kesuksesan Halal Bi Halal hari ini, juga meminta maaf atas kekurangannya. “Bagi yang sudah mendapat doorprize agar bersyukur, bagi yang belum dapat jangan bersedih, semoga ada rezekinya nanti dalam Halal Bi Halal Darunnajah Pusat dan Cabang yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 Mei 2022 di Darunnajah Jakarta, InsyaAllah!”. (Wardan/Mr. MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah