DARUNNAJAH – (05/11) Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Hamd Bin Khalid Bin Ahmad Ali Tsani Qatar menyelenggarakan Lomba Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ).

Final Musabaqah Hifdzil Qur’an yang kedua akan dilaksanakan pada 14-16 November 2016 yang diikuti 323 peserta utusan pesantren-pesantren dari seluruh Indonesia. MHQ ini merupakan tindak lanjut dari seleksi yang sudah dilaksanakan di lokasi yang dipusatkan di 10 pesantren.

MHQ dibagi menjadi enam golongan, yaitu :
Golongan 1 juz
Golongan 5 juz
Golongan 10 juz
Golongan 15 juz
Golongan 20 juz
Golongan 30 juz.

Musabaqah Hifdzil Qur’an pertama dilaksanakan di Darunnajah Jakarta pada tahun 2015. MHQ merupakan keprihatinan para masyayikh Qatar yang pada tahun 2014 mengadakan seleksi imam dan mu’adzin di Pesantren Darunnajah.

Waktu itu peserta seleksi jumlahnya hanya ratusan, tidak seperti negara lain yang jumlahnya ribuan. Maka muncullah ide, untuk menggalakkan semangat tahfizh, maka diadakan musabaqah hifzhil Quran. Awalnya, musabaqah hanya untuk lingkungan Darunnajah dan Cabangnya, akhirnya diputuskan, musabaqah antar pesantren seluruh Indonesia.

Final Musabaqah Hifzil Qur’an tahun 2016 diharapkan dapat meningkatkan semangat serta antusias para santri agar meningkatkan hafalan Al-qur’an serta tajwid yang baik dan benar. Selain menghafal Al-Qur’an serta tajwid peserta yang mengikuti Lomba Musabaqah Hifzil Qur’an menggunakan seni lagu dan suara dalam melantunkan ayat suci al-qur’an, etika (adab) dalam melantunkan ayat suci Al-qur’an yang sesuai dengan pedoman yang berlaku dalam Lomba Musabaqah Hifzil Qur’an.

Final Musabaqah Hifzil Qur'an Di Pesantren Darunnajah Jakarta

Final Musabaqah Hifzil Qur’an Di Pesantren Darunnajah Jakarta

Final Musabaqah Hifzil Qur'an Di Pesantren Darunnajah Jakarta

Final Musabaqah Hifzil Qur’an Di Pesantren Darunnajah Jakarta