Ujian Nasional Tingkat SMA, MA, SMK sudah berlangsung pada hari Senin (18/4) dan akan berakhir pada dengan hari Kamis (21/4). Hal tersebut membuat para santri kelas akhir (santri kelas VI TMI) yang setingkat dengan kelas XII harus tetap siap siaga menghadapi ujian penentu keberhasilan 3 tahun belajar di jenjang Sekolah Menegah Atas / Madrasah Aliyah / Sekolah Menegah Kejuruan.

Setelah pada hari Sabtu (9/4) sampai dengan hari Senin (11/4) para santri kelas akhir TMI mengikuti Try Out IV atau Try Out terakhir, dan dilanjutkan dengan kegiatan Pendalaman Materi UN yang dikemas dengan program Karantina belajar, Gedung Fatahillah untuk santriwan dan GOR untuk santriwati pada hari Selasa (12/4) sampai dengan hari Kamis (14/4).

Dalam bidang ubudiyahnya (keagamaan), pada hari Kamis (14/4) pula, santriwan kelas VI mengadakan kegiatan khataman Al-Qur’an yang bertempat di Masjid Jami’ Darunnajah setelah shalat isya’, dan pada pukul 03.00 tepat malam tersebut pula, santriwan dan santriwati kelas VI mengikuti tahajjud bersama kepala sekolah/madrasah.

Sedangkan pada hari Sabtu (16/4). Santriwan dan santriwati kelas akhir mengikuti kegiatan upacara pagi terakhir, dan pada waktu tersebut pula santri kelas akhir menjadi petugas upacara, dengan Pemimpin Upacara: Saudara Jihad Ardhillah (Ketua OSDN 2010-2011), dan Pemimpin-Pemimpin Pasukan: Oktarijal Abdul Razik Karami, Arif Rahman Hakim, Laila Setyawati Arifin dan Amalia Rachmadanty. Dan MC: Ilhamsyah Maulana Ridzki, serta Dirigen: Inneke Indriastuti. Hal tersebutpun dikomentari baik oleh majelis guru. “Alhamdulillah santri kelas akhir dapat menjadi uswatun hasanah (contoh yang baik) karena dapat menjadi petugas dan tidak terlambat pada upacara pagi”, ujar Ust. H. Hasyim Sya’ban, S.Pd.I pada kumpul terakhir bersama Kepala Sekolah setelah upacara sekaligus Pembacaan Tata Tertib UN 2011.

Setelah upacara selesai, santriwan dan santriwati kelas akhir bersalam-salaman dengan majelis guru, meminta maaf serta meminta do’a dalam menghadapi Ujian Nasional. Kegiatan tersebut akan memberikan dampak positif bagi seluruh santri kelas akhir, apalagi setelah diberikan motivasi oleh majelis guru. Setelah upacara, santriwan dan santriwati kelas akhir berkumpul bersama Kepala Sekolah di Masjid Jami’ Darunnajah untuk berkumpul terakhir kalinya sebelum UN, dan pada kumpul terakhir tersebut juga dibacakan Tata Tertib Ujian Nasional.

Good Luck in your National Examination! – Ma’annajaah Fil Imtihaan!

(Imam Khairul Annas)