Deklarasi Pesantren Di Palangka Raya Libatkan Pimpinan Darunnajah

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Bersama KH Mahrus Amin (Pimpinan Darunnajah Jakarta Ulujami), Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc yang juga menjabat ketua Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah, menghadiri deklarasi pendirian pondok pesantren di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (2/4). Hadirnya kedua pimpinan Darunnajah ini atas undangan dari Walikota Palangkaraya, HM Riban Satia, S.Sos, M.Si. dalam acara silaturahmi keluarga besar pondok pesantren Darunnajah se-Provinsi Kalimantan Tengah-Selatan.

blank
Dari kiri ke kanan: KH Jamhari Abdul Jalal, Lc, HM Riban Satia, S.Sos, M.Si (walikota), KH. Mahrus Amin, H. Maryono (wakil walikota), Ustadz Parlaungan, HM Wahyudie F. Dirun. Di Kantor walikota Palangka Raya.

Dalam silaturahmi tersebut, agenda pembahasan di antaranya terkait obsesi walikota Palangka Raya  untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan pesantren di wilayahnya itu. Bapak Riban Satia mengaku bahwa keinginan ini telah mendapat dukungan secara luas, baik wakil walikota (Bapak H. Maryono), para wali santri Darunnajah asal Kalimantan yang menempati posisi stategis di pemerintahan maupun tokoh-tokoh masyarakat setempat. Alternatif lahan lokasi pendirian pesantren juga telah dipersiapkan di 2 tempat. Kedua lokasi tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Pagi sebelum acara berlangsung, kita diantar langsung oleh Bapak Walikota dan wakilnya untuk meninjau 2 tempat alternatif yang akan dijadikan lokasi pesantren nantinya. Kedua tempat ini masing-masing punya kelebihan, sehingga perlu dipertimbangkan mana dari kedua tempat ini yang cocok” jelas KH Jamhari.

Mewakili Dewan Nadzir, KH Jamhari mengatakan sangat mendukung deklarasi pendirian ini. Hal ini mengingat pentingnya lembaga pendidikan Islam untuk kemajuan masyarakat. Pesantren, dapat menjadi basis kekuatan umat Islam. Maka beliau berharap agar pihak Palangka Raya mempersiapkan pendirian pesantren. Seiring dengan itu mulai juga dipersiapkan SDM pengelola. Beliau menawarkan kepada pihak walikota agar mengirimkan anak daerah/utusan terbaiknya untuk dibina di yayasan Darunnajah. Setelah tamat dari Darunnajah, mereka bisa kembali dan mendukung pesantren di Palangka Raya.

Sebagai follow up, dari deklarasi tersebut, forum menetapkan 9 tokoh guna menjadi tim pendirian pesantren sesuai harapan walikota. Kepada tim, pihak Darunnajah memberikan 2 opsi. Opsi pertama,   pihak Palangka Raya mewakafkan 100 % tanah, sehingga pengelolaan dan manajemen pure dari yayasan Darunnajah. Kedua, pesantren tersebut swadaya masyarakat, pihak Darunnajah sebagai mitra yang membantu pada sisi-sisi yang dibutuhkan, semisal tenaga pendidik atau manajemen pengelolaan pesantren. Hal ini pola madinatunnajah.

Kemudian KH Jamhari mengaku memiliki kesan yang sangat luar biasa kepada kota Palangka Raya ini karena dipimpin oleh seorang wali kota dan wakil yang sangat kompak bahkan inisiator berdirinya sebuah pesantren. Hal ini tidak banyak dijumpai di tempat lain. Maka menurut beliau, semoga ini menjadi pesantren yang potensial sebagai awal gerakan masyarakat Islam di Palangka Raya serta Kalimantan secara menyeluruh.

Masih ungkap KH Jamhari, bahwa berdirinya lembaga pesantren merupakan bagian dari gerakan dakwah Islamiyah. Lembaga pesantren dinilainya mampu menghadapi problematika permasalahan masyarakat yang kian hari kian menghawatirkan. “Maka perlu  pesantren itu berdiri dimana-mana. Selain sebagai mitra Darunnajah dalam pendistribusian alumni secara nasional, diharapkan adanya banyak pesantren menjadikan Indonesia segera bangkit dari keterpurukan, terutama masalah akhlak, dan krisis kepemimpinan yang berakhlak. Jika anak bangsa mendapatkan bekal ilmu yang berimbang antara ilmiah dengan akhlak yang mulia, saya yakin, Indonesia akan segera bangkit” (Wardan/Billah)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Kedatangan Santri dan Ujian Pelajaran Sore

Nurul Ilmi Laksanakan Ujian Darsul Masa ( Pelajaran Sore )Ujian Pelajaran SorePengarahan ujian Syafahi pelajaran sore semester 1 Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 PamulangPengarahan

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Coaching Clinic Sepak Bola

Alhamdulillah telah terlaksana coaching clinic di Pesantren Annur Darunnajah 8. program ini tentunya merupakan bentuk dorongan bagi santri Annur, tidak tanggung-tanggung yang didatangkan adalah pemain