Menu

Definisi Pesantren – More Than Just Boarding School

Definisi Pesantren - More Than Just Boarding School

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Definisi Pesantren dari segi Etimologi yang berarti pe-santri-an dimana kata santri diartikan sebagai murid, selain itu, di Pesantren terdapat kyai yang memimpin serta mengatur jadwal kegiatan santri yang dibantu oleh Biro Pengasuhan Santri serta jadwal kegiatan Ustadz dan Ustadzah, baik yang mukim (tinggal) di Pesantren ataupun Pulang Pergi. Selain itu, definisi pesantren yaitu sebuah pendidikan tradisional yang mewajibkan para santrinya untuk tinggal di asrama selama 24jam yang dipantau oleh ustadz dan ustadzah.

  1. Tentang Pesantren

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan swasta (non-pemerintah) yang tersebar diseluruh Indonesia, jumlah pondok pesantren yang ada di Indonesia pada tahun 2010 berjumlah 25.785, sedangkan jumlah santri di seluruh Indonesia berjumlah 3,648,893. Para Santri diharuskan mentaati peraturan yang ada di pesantren, selain itu, pesantren juga terdiri dari Pesantren Tahfidz, Pesantren Khusus Putra, Pesantren Khusus Putri dll. Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren berkembang pesat dan memiliki peminat jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Pesantren Di Jakarta

Pondok Pesantren di DKI Jakarta berjumlah 93 Pesantren pada tahun 2010, dan dengan jumlah santri 14.131, Pesantren Darunnajah salah satu Pondok Pesantren yang ada di Jakarta yang terletak di Jalan Ulujami Raya no 86 Pesanggrahan Jakarta Selatan 12250. Dari sekian banyak Pondok Pesantren yang ada di DKI Jakarta Pondok Pesantren Darunnajah termasuk Pesantren Modern. Definisi pesantren lainnya adalah tempat menimba ilmu dengan program asrama serta pembelajaran berbahasa kepada santri atau murid untuk membiasakan menggunakan bahasa resmi di Pesantren serta untuk memudahkan para santri untuk mencari Universitas di luar negeri.

3. Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta merupakan lembaga Pendidikan Islam Swasta yang terletak di Jalan Ulujami Raya no 86 Pesanggrahan Jakarta Selatan 12250. Pesantren Darunnajah Jakarta merupakan Pesantren Swasta (non-pemerintah) yang dirintis sejak 1942 oleh 3 orang pendiri, diantaranya (alm) KH Abdul Manaf Mukhayyar, (alm) Letkol Komaruzzaman dan Drs. KH Mahrus Amin. Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dirintis sejak 1942 dan didirikan pada 1 April 1974. Pesantren Darunnajah Jakarta memiliki 17 Cabang yang tersebar di Indonesia dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Banten, Riau, Bengkulu dan Kalimantan.

Santri di Pesantren Darunnajah berasal dari berbagai daerah di penjuru Indonesia, bahkan ada juga Santri yang berasal dari Luar Negeri, seperti Singapura, Thailand, Taiwan, Jepang dan lain sebagainya. Para santri dari Luar Negeri memiliki antusias serta semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu di Pondok Pesantren Darunnajah.

Adapun Visi, Misi, serta Pola Dasar Pendidikan di Pesantren Darunnajah yaitu

Visi: Mencetak manusia yang muttafaqah fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat / bangsa

Misi: Mendidik kader-kader umat dan bangsa yang ber-tafaqqah fiddin ; para ulama, zuama dan aghniya, cendekiawan muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, berpengatahuan luas, jasmani yang sehat, terampil dan ulet.

Pola Dasar Pendidikan

Dalam upaya tercapainya pendidikan, Pesantren Darunnajah menerapkan pola dasar pendidikan yang meliputi :
Panca Jiwa adalah pendidikan yang ditanamkan kepada setiap santri untuk membentuk dan melandasi kepribadiannya ;
1. Jiwa Keikhlasan
2. Jiwa Kesederhanaan
3. Jiwa Mandiri
4. Jiwa Ukhuwah Islamiyah
5. Jiwa Bebas Merdeka

Panca Bina merupakan arah pembinaan santri yang akan melahirkan sikap hidup yang nyata dalam langkah dan amaliah sehari-hari ;
1. Bertaqwa kepada Allah SWT
2. Berakhlak Mulia
3. Berbadan Sehat
4. Berwawasan Luas
5. Kreatif dan Terampil

Panca Dharma adalah bakti santri sebagai makhluk, anggota masyarakat dan warga negara, sehingga keberadaan santri tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, tetapi juga bagi orang lain dan alam sekitarnya;
1. Ibadah
2. Ilmu yang berguna di masyarakat
3. Kader umat
4. Dakwah Islamiyah
5. Cinta tanah air dan berwawasan Nusantara

4. Sistem Pendidikan Pesantren Darunnajah Jakarta

System pendidikan yang ada di Pesantren Darunnajah yaitu Tarbiyatul Muallimin wal muallimat al Islamiyah yang diadopsi dari Kulliyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah yang dimiliki oleh Pondok Modern Darussalam Gontor.  Pendidikan di Pesantren Darunnajah Jakarta diarahkan kepada Pendidikan kader-kader umat yang mampu dan terampil di tengah-tengah masyarakatnya, mampu membina generasi muda untuk melanjutnya study sesuai dengan minat dan bakat dan tetap berada di tengah masyarakat dengan menjunjung tinggi amar ma’ruf nahi mungkar.

Definisi Pesantren - More Than Just Boarding School
Definisi Pesantren – More Than Just Boarding School

5. Kegiatan Santri Darunnajah Jakarta

Kegiatan Santri Darunnajah Jakarta dilaksanakan setelah pulang sekolah atau waktu yang ditentukan oleh Pengurus Organisasi Santri Darunnajah (OSDN) sebagai pembimbing serta pelatih dalan kegiatan yang telah diagendakan. Adapun kegiatan santri yang ada di Pesantren Darunnajah Jakarta yaitu :

  1. Kegiatan Ekstrakulikuler Olah Raga
  • Basket
  • Volli
  • Bulu tangkis
  • Renang
  • Panahan
  • Gymnastic
  • Senam Santri
  • Tapak Suci
  • Tenis Meja
  1. Kegiatan Ekstrakulikuler Kesenian
  • Corps Putri Darunnajah Marching Band
  • Qosidah
  • Hadroh
  • Jamiatul Mubalighaat (untuk putri)
  • Jamiatul Mubalighiin (untuk Putra)
  • Tahfidzul Qur’an
  • Marawist
  1. Kegiatan Ekstrakulikuler Keputrian
  • Tata Boga
  • Tata Rias
  • Menjahit
  • Salon Santri

Disisi lain para santri juga mengikuti kegiatan perlombaan diluar Pesantren Darunnajah Jakarta untuk melihat kemampuan serta keahlian yang dimiliki para santri, dan melihat hasil latihan yang telah dilakukan sebelum pertandingan dimulai. Selain itu, para santri berperan aktif dalam kejuaraan Darunnajah Open yang dilaknsanakan setiap tahun untuk lingkungan Darunnajah Group (Darunnajah Pusat dan cabang). Ustadaz serta Ustadzah berperan aktif dalam mengarahkan serta memberikan masukan kepada para santri agar tidak salah dalam memilih kegiatan ekstrakulikuler.

Seiring berjalannya waktu Pondok Pesantren Darunnajah mengembangkan serta meningkatkan kualitas serta kuantitas untuk kesuksesan para santri, selain itu, Darunnajah Jakarta juga bekerjasama dengan berbagai instansi yang ada di luar negeri seperti Australia, Arab Saudi, Inggris dan lain sebagainya. Student Exchange merupakan salah satu program yang ditujukan kepada santri, akan tetapi melalui tahap seleksi yang dilaksanakan 4 bulan sebelum keberangkatan. Program Student Exchange dilaksanakan setahun sekali dengan melihat kualitas akademik santri selama mengikuti kegiatan belajar mengajar, ustadz dan ustadzah juga memberikan kesempaatan kepada para santri yang belum pernah mengikuti Student Exchange untuk mendaftar.

6. Alumni Pesantren Darunnajah Jakarta

Alumni Pondok Pesantren Darunnajah yang melanjutkan studynya di dalam negeri maupun luar negeri, adapun yang melanjutkan di dalam negeri diterima pada Universitas ternama di Indonesia seperti UI, UNJ, UMJ, UIN Syarif Hidayatullah, UGM, UII, UMY, UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran, UNY, Universitas Aisyah, Universitas Sebelas Maret Solo, Universitas Diponegoro, ITB, IPB, Universitas Negeri Semarang, dan lain sebagainya, selain didalam negeri para Alumni Darunnajah Jakarta melanjutkan studynya diluar negeri seperti Yordania, Jerman, Arab Saudi, Palestina, Jepang, Sudan, dan lain sebagainya.

Dari definisi pesantren diatas maka dapat disimpulkan Pondok Pesantren tidak hanya mengajarkan kepada santrinya tentang pelajaran agama saja, akan tetapi juga tentang pelajaran umum serta bakat dan minat santri pun dikembangkan dalam kegiatan ekstrakulikuler dengan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Definisi Pesantren - More Than Just Boarding School
Definisi Pesantren – More Than Just Boarding School

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Majelis Jum’at Pagi Bersama Bapak Pimpinan

Majelis Jum’at Pagi Bersama Bapak Pimpinan merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin Mingguan yang ada di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14. di laksanakan setiap ba’da