Hadirnya kelompok yang dibangun bagian bahasa santri putra dan putri bernama Darunnajah Arabic Club (DAC) dan Darunnajah English Club (DEC) sangat berpengaruh dalam usaha para pembina untuk meningkatkan kualitas bahasa santri. Kedua kelompok ini, berisi para santri yang memiliki kemampuan dan kemauan dalam mengembangkan bahasa asing.

Great Your Self With Us!
Great Your Self With Us!

Dengan jadwal regular, kemampuan berbahasa mereka terus diasah secara intensif. Harapannya, mereka mampu menjadi ujung tombak dalam menggerakkan dan memotivasi santri lain yang belum mau berbahasa. Untuk memancing kemauan berbahasa santri, militansi mereka dalam berbahasa juga terkadang dipamerkan dalam bentuk demo, baik secara berpidato atau muhadatsah.

- Advertisement-

Setelah diseleksi dan dilantik oleh bagian bahasa pusat, anggota dari kedua kelompok tersebut mengemban suatu amanah berupa :

  1. Membantu pembina dalam menegakkan disiplin bahasa santri
  2. Menegakkan kualitas bahasa santri
  3. Berbahasa setiap saat dan setiap waktu
  4. Membuat majalah dinding (mading) setiap bulannya
  5. Sanggup memberikan kosakata baru setiap harinya
  6. Menegur setiap santri jika tidak tidak mengunakan bahasa resmi (Arab, Inggris)

Menurut pendiri DEC, Ustadz Mu’allim Fajri, kelompok ini sangat diharapkan sebagai wadah membina santri yang memiliki minat bahasa Inggris. “Kalau hanya mengandalkan waktu sekolah, tidak mungkin. Apalagi kalau di luar kelas juga dibebaskan, bisa jadi kondisinya tidak kondusif” jelasnya.

Masih menurut Ustadz Mu’allim, santri yang menguasai bahasa Inggris memiliki peluang besar untuk dapat mengikuti pertukaran antarpelajar ke luar negeri. Melaui program Youth Exchange Student (YES) dan AFS student exchange, beberapa santri telah berhasil mencicipi negeri Paman Sam. Diantaranya adalah Fitriani Susanty (2004), Fikri Indra Silmy dan Sinta Komalasari (2005), serta Yusep Supriatna (2007).

Sementara itu, pengembangan bahasa Arab juga menjadi prioritas yang ditawarkan pesantren. Alumni Darunnajah Cipining hingga saat ini telah banyak yang tertarik untuk melanjutkan study ke negeri para nabi, Mesir. Tentunya penguasaan bahasa Arab menjadi hal yang sangat utama.

Bagaimanapun juga, pesantren telah berusaha sebaik mungkin untuk membekali santri dengan 2 bahasa asing tersebut. Yang pasti, pesantren membekali keduanya tidak untuk dipilih satu, namun kedua bahasa tadi haruslah mutlak dikuasai para santri untuk bekal mencapai kehidupan yang maksimal. Mendapatkan tempat yang layak di dunia dengan membuka komunitas seluas-luasnya menggunakan berbagai bahasa dan sekaligus beroleh kehidupan yang mulia dengan mengaplikasikan agama sebagai tuntunan.  (Namira Syafiah)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.