Search
Close this search box.
blank

Dauroh Bahasa Arab: Kerjasama Universitas Darunnajah dengan Universitas Islam Madinah

Dauroh Bahasa Arab: Kerjasama Universitas Darunnajah dengan Universitas Islam Madinah

blank

Di hari Senin, 13 Maret 2023 ini dengan didahului oleh peserta Dauroh putri yang berkesempatan memasuki Raudhah telah diberlangsungkan pembelajaran perdana  sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.30 KSA yang hari sebelumnya Ahad, 12 Maret 2023 diisi dengan kegiatan pengenalan kampus.

Hari ini 13/3/2023 Seluruh peserta Dauroh Bahasa Arab ke-5 putra dan putri kerjasama Universitas Darunnajah dengan Universitas Islam Madinah (UIM) telah merasakan secara langsung proses pembelajaran di Kampus Universitas Islam Madinah (UIM) oleh para dosen pengampu yang profesional pada bidang Bahasa Arab.

blank
Peserta Pelatihan Bahasa Arab di Universitas Islam Madinah
blank
Peserta Pelatihan Bahasa Arab di Universitas Islam Madinah

Sebagai kesan pertama yang didapat pada hari ini khususnya oleh seluruh peserta Dauroh di semua kelas A-1, A-2, B-1 & B-2 sesuatu yang luar biasa yakni sesuatu yang belum pernah didapat sebelumnya oleh peserta di lembaga atau tempat pembelajaran lain baik hal yang menyangkut dengan alat peraga sebagai faktor dukung (وسائل الإيضاح), metode pengajaran (طريقة التدريس) ataupun terkait dengan konten (مادة) dari mata ajar khususnya pada bidang mutaroodifat (مترادفات) serta Muhadatsah.

Secara prinsip, ada minimal 4 kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh pembelajar dan pengajar Bahasa Arab pasca proses pembelajaran, yaitu: kompetensi Al istima’ (الاستماع), kompetensi Attahadduts (التحدث), Al qiro’ah (القراءة) dan Al kitaabah (الكتابة). 

blank
Peserta Pelatihan Bahasa Arab di Universitas Islam Madinah

Kita berharap tentunya program yang diikuti oleh peserta Dauroh angkatan ke-5 ini akan menghasilkan sesuatu yang aplikatif yakni sesuatu yang bisa diterapkan oleh utusan dari masing-masing pesantren/lembaga yang telah memberikan amanat kepada peserta yang diikutsertakan pada kesempatan Dauroh Bahasa Arab angkatan ke-5 ini dan yang tidak kalah penting dari program ini kita harus berfikir selangkah lebih maju untuk bisa mempersembahkan kepada ummat bahasa arab yang terbaik sesuai dengan sumber aslinya yakni Saudi Arabia. 

InsyaAllah, Dauroh ini akan berlangsung selama 3 pekan ke depan dan disempurnakan dengan waktu-waktu di luar waktu Dauroh dengan dilibatkan nya para peserta pada halaqoh-halaqoh/kajian-kajian di Masjid Nabawi yang saat ini masih terus dikoordinasikan dengan para Syaikh agar dapat berlangsung dengan baik dan insyaallah halaqoh/kajian yang diambil adalah tahsin Al Qur’an.

(Ust. Fatkhul Mumin, Guru Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor, Peserta Daurah Bahasa Arab ke-5 di Universitas Islam Madinah)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah