Setiap tahun Yayasan Pondok Pesantren Darunnajah selalu menyelenggarakan perlombaan drum band antara sekolah tingkat nasional. Kali ini, ajang lomba tingkat nasional itu lebih ditingkatkan menjadi perlombaan berskala internasional.

Setelah diadakan selama 7 tahun berturut-turut, ajang Darunnajah Marching Band Competition (DMC), kompetisi antar Marching Band di Indonesia bertaraf nasional. Kini ajang tersebut ditingkatkan jadi berskala internasional dan berganti nama menjadi Indonesia Open Marching Band Championship ( IOMBC ). Ajang ini disebut-sebut berskala internasional karena menghadirkan juri-juri yang telah malang melintang di dunia marching band tingkat internasional.

“Dilihat dari antusiasnya para peserta dan sambutan masyarakat, penyelenggaraan ini akan mengembangkan kompetisi ke jenjang Internasional dengan ajang kompetisi yang lebih bergengsi,” menurut siaran pers yang diterima INILAH.COM, Kamis (17/2/2011).

Perhelatan bergengsi ini akan akan digelar Jumat-Minggu (18–20/2/2011). Diikuti oleh marching band dan drumband dari berbagai instansi dan daerah di setanah air.

Sejak pendaftaran IOMBC dibuka pada awal Desember 2010, telah terjaring 32 grup yang telah lolos dari babak penyisihan, terdiri dari 16 grup divisi junior, 11 grup divisi guard contest, dan 5 divisi Taman Kanak-kanak.

Acara yang digelar di Istora Senayan Jakarta itu memperebutkan sejumlah piala pejabat RI, termasuk Bergilir Wapres, Piala Ketua MPR, serta Piala Bergilir para menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Sumber: inilah.com