Pemberian santunan oleh pesantren Darunnajah Cipining kembali dilakukan kepada 150 anak yatim dan dhuafa dari warga sekitar pesantren pada kegiatan Ifthor Shoimin dan Santunan Sosial Ramadhan 1431 H, Rabu (18/8). Kegiatan tahunan yang dimotori oleh Biro Dakwah dan Humas melalui kepanitiaan kelas akhir (XII MA) ini mendapat respon positif dari berbagai pihak.

Peserta Santunan putra

Peserta Santunan putra

“Saya atas nama MUI kecamatan Cigudeg sekaligus mewakili pemerintahan merasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga tahun depan, MUI, Pemerintah, dan pesantren dapat menjalin kerjasama dan mensukseskan kegiatan ini lebih baik lagi” ungkap ketua MUI, KH. Zakaria saat memberikan sambutan di depan undangan dan keluarga besar Darunnajah Cipining.

Pada saat yang sama, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilakukan secara rutin. “Alhamdulillah, Ramadhan kali ini, pesantren dapat mengulangi kembali kegiatan santunan ini. Ini dapat kami selenggarakan berkat kerja keras panitia yang juga disambut baik oleh pihak-pihak yang masih percaya kepada kami sehingga mereka mau menjadi donator untuk kegiatan ini.”

Ketua Panitia, Rizki Maulana pada sambutan pembuka mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk wahana pembentukan jiwa solideritas, memperkuat ukhuwah islamiah, dan menjadi alternatif solusi positif dalam menyemarakkan kegiatan Ramadhan. Maka tema yang diusung adalah “Memupuk silaturahmi di bulan suci dengan saling berpegangan tangan dan berbagi untuk meraih ridho ilahi.’

Penampilan Marawis Di Hadapan Jamaah Ifthor Bersama

Penampilan Marawis Di Hadapan Jamaah Ifthor Bersama

Untuk kegiatan santunan dan buka puasa bersama ini panitia menganggarkan dana sebesar 51 juta. Adapun santunan yang diberikan adalah sajadah, pakaian muslim, sarung, sembako, dan alat tulis. Sedangkan untuk quota jumlah tamu undangan dan jamaah yang menghadiri kegiatan ini sejumlah 1300 orang. Adapun tamu undangan terdiri dari Ketua MUI kecamatan, Danramil Cigudeg, dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta keluarga peserta santunan.

Sementara itu, untuk meramaikan kegiatan yang diselenggarakan di lapangan basket Darunnajah Cipining seusai shalat Ashar berjama’ah, panitia menghadirkan grup marawis santri niha’i yang mempersembahkan 2 lagu, Mawarti Ayyam dan Sholluu Alannabi. Turut meramaikan juga yaitu grup nasyid modern perpaduan antara musik rebana dengan alat musik modern, gabungan dari dewan guru dan santri yang menyenandungkan lagu-lagu islami. (Muhammad Musta’in)