Menu

Darunnajah Cipining Ikuti Perkemahan Santri Nusantara Di Batam

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pada tanggal 3 Juli 2012 Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana Batam dibuka Menteri Agama RI Suryadarma Ali bertempat di Lapangan Upacara Wali Kotamadya Batam. Hadir dalam acara ini kontingen Pramuka dari seluruh Indonesia sebanyak 5000 orang juga dari negara tetangga Singapura dan Malaysia. PPSN tahun 2012 yang digelar 2-8 Juli 2012 merupakan even ketiga kalinya. Sebelumnya, kegiatan serupa dilaksanakan pada tahun 2006 di Cibitung dan 2009 di Jatinangor Sumedang.

Suryadharma Ali Sebagai Pembina Upacara Dalam PPSN 2012
Suryadharma Ali Sebagai Pembina Upacara Dalam PPSN 2012

Dalam event bergengsi ini, turut berpartisipasi para santri Darunnajah Cipining. Mereka adalah Imam Syaifurrohman, Putri Khoirunnisa, Mu’min, dan Muzakkir. Turut bersama mereka, kepala biro pramuka, Ustadz Syaiful Hadi yang bertindak sebagai jajaran panitia.

Kegiatan kali mengusung tema ‘Satu Hati, satu Jiwa, Satu Tekad, Untuk Maju Berkarya membangun Karakter Bangsa’, adapun prinsip yang ditanamkan adalah ‘Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat. Kemudian secara umum, PPSN bertujuan untuk mendorong dan menumbuhkembangkan semangat, kesadaran persatuan kesatuan dan bela negara sebagai karakter bangsa di lingkungan santri, meningkatkan rasa pengabdian dan kepedulian anggota pramuka terhadap bangsa dan negara, mendukung dan melaksanakan program unggulan daerah dalam membangun masyarakat serta menumbuhkan nasionalisme dan mempererat jiwa persahabatan dan persaudaraan dalam Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan yang diselenggaran seminggu itu diisi dengan kegiatan ibadah, pembinaan mental spiritual dan seni budaya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Agama Republik Indonesia, Suryadharma Ali yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam pembukaan PPSN 2012, mengatakan pelaksanaan perkemahan pramuka santri nusantara 2012 di Batam ini akan memberikan dampak positif dalam rangka penguatan ukhuwah islamiyah, khususnya diantara santri dan mewujudkan generasi muda yang berakhlakul Karimah.

Lebih lanjut, Suryadharma Ali berharap para peserta menghayati materi dan pendidikan yang didapat dalam kegiatan ini. “Semoga  kegiatan ini bukan hanya agenda rutin semata melainkan menjadi sarana silaturahmi, sosialisasi dan pendidikan bagi para peserta,” paparnya.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan tabuhan 150 kompang yang dibawakan oleh siswa madrasah pondok pesantren di Batam. Para peserta juga mengikuti Defile peserta serta parade kirab Gurindam Duabelas dengan tulisan terpanjang oleh 4.416 santri dan mahasiswa.

Disamping itu, dalam upacara pembukaan kegiatan PPSN ke III tahun 2012 ini, peserta PPSN berhasil memecahkan rekor MURI dengan kegiatan membentuk kirab Gurindam 12 terpanjang di dunia yang mana pada PPSN II 2009 juga berhasil memecahkan rekor MURI dengan kegiatan parade semaphore terpanjang di dunia.

Pelaksanaan PPSN dan PPPI di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, Punggur juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Diantaranya adalah aktivitas kepramukaan, ekspose keahlian dan keterampilan santri, ekspos hasil karya pondok pesantren dalam pameran dan bazar, seminar nasional dengan tema ‘Cinta Bahari dalam Rangka Memperkuat NKRI’, kegiatan persaudaraan dan seni budaya, tabligh akbar, pembuatan halaqoh kyai, wisata bahari Tanjung Bemban Nongsa dan festival seni. (Red-WARDAN)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait