Islam merupakan agama yang membawa rahmat bagi yang mempelajarinya, karna di setiap perbuatan yang dilakukan iyalah menuju kepada perbuatan yang baik.

Didalam islam terdapat berbagaimacam kewajiban seperti yang sudah tertera dalam rukun islam, salah satunya ialah kewajiban mendirikan sholat.

Seperti yang kita ketahui sholat merupakan kewajiban yang wajib kita laksanakan, tetapi disamping itu ada pula sholat-sholat yang hukum nya sunah untuk di jalankan seperti sholat dhuha dan masih banyak lagi.

Ini merupakan cara bagi manusia untuk meningkatkan akhlak dan meningkatkan amal dalam beribadah.

Shalat dhuha adalah sholat yang di kerjakan pada waktu dhuha atau antara waktu setelah matahari terbit atau pukul 8 sampai sebelum tengah hari yaitu pukul 11 siang.

Sebagai manusia pastilah kita senang jika mengerjakan amal ibadah termasuk seperti shalat duha, shalat dhuha sendiri memiliki banyak keutamaan bagi orang yang mengerjakannya, diantaranya ialah :

  • Pahala shalat duha seperti orang yang bersedekah.

Orang yang mengerjakan shalat dhuha maka nilai amalan nya setara dengan orang yang bersedekah.

Sedekah yang di maksut ialah sedekah yang di lakukan oleh tubuh kita atau persendian kita terlebih jika kita ikhlas melalukannya.

Maka dari itu orang yang melakukan shalat dhuha akan disamakan ganjaran pahala sesuai dengan persendian yang digerakan untuk melakukan kebaikan.

  • Akan dicukupkan kebutuhannya

Shalat dhuha dilakukan biasanya sebelum melakukan  segala kegiatan.

Karna shalat dhuha di awal hari ini menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan seseorang tersebut di akhir hari.

Shalat duha merupakan salah satu jalan hamba kepada sangrobnya untuk memohon riski kepada nya.

Karana di disetiapa do’a yang di baca setelah sholat dhuha disitulah tersirat bahwasan nya akan di mudahkan dalam mendapatkan rizkinya.

Allah juga berjanji pada setiap umat islam yang rajin akannmencukupi apa yang menjadi kebutuhannya, selerti yang tertulis di bawah :

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu

  • Mendapat ganjaran rumah di surga

Orang yang selalu melakukan sholat dhuha dengan 12 rakaat maka ia akan di janjikan ganjaran oleh allah berupa sebuah rumah indah yang dibuat dari emas kelak di akhirat.

Seperti perkataan sahabat Rasullullah yang mendengan saat Rasullullah saw bersabda :

“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

  • Mendapat pahala setara haji dan umrah

Orang yang menjalankan shalat dhuha ia akan mendapatkan ganjaran pahala yang setara dengan haji dan umrah seperti sabda Rasulullah yang berbunyi :

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”

  • Dapat menggugurakan dosa

Meskibun manusia itu memiliki beribu-ribu dosa sampai dosanya setara dengan buih di lautan.

jika dia selalu dan rutin melakukan shalat dhuha maka itu dapat menggugurkan dosa-dosa mereka.

Karna Rasullullah pernah bersabda, yaitu dari Abu Hurairah ra, Rasullullah saw bersabda ;

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)