Siang yang terik tak membuat mereka berhenti bermain, terlihat beberapa anak laki laki sedang bermain permainan tradisional, salah seorang dari mereka melemparkan pecahan genting kemudian dengan salah satu kaki diangkat melompat ke petak petak segi empat yang garisnya berwarna putih.
Tertegun melihat keasyikan dan keceriaan mereka bermain bersama, terik mentari dan panasnya udara siang  sepertinya tak mereka hiraukan, mereka terus saja secara bergantian bermain permainan yang peralatannya sangat sederhana, hanya pecahan genting, batu pipih, tutup botol yang digepengkan atau pecahan asbes mereka gunakan. Dengan sederhanya alat permainan tradisional tersebut namun mampu menggerakan seluruh badan dan mengeluarkan keringat, sehingga badan mereka menjadi sehat.

Ya… inilah permainan dampu bulan, permainan yang sangat familiar di kalangan anak-anak terutama di usia sekolah dasar. Laki laki dan perempuan bisa bermain bersama dalam permainan ini. Permainan dampu biasanya dilakukan di tanah lapang, namun di kota besar seperti Jakarta permainan ini menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Seperti yang ada di SD Islam Darunnajah Jakarta, permainan dampu bulan dilakukan di halaman sekolah yang sudah di paving blok, tak menjadi masalah, karena garis petak petak di permukaan paving blok menggunakan cat putih. Peralatan yang digunakan pun masih sama yaitu pecahan genting, batu pipih, tutup botol, ataupun pecahan asbes.

Manfaat dari permainan dampu bulan ini antara lain melatih keseimbangan tubuh, melatih kemampuan reka visual, meningkatkan kemampuan direfensiasi tekstur berdasarkan indra peraba dan juga meningkatkan  kemampuan motor planning (perencanaan gerak).

SDI Darunnajah meruapakan salah satu sekolah dasar yang mempunyai fasilitas yang lengkap di wilayah Jakarta Selatan, seperti lapangan futsal, lapangan bola, lapangan basket, masjid, perpustakaan, labkom, ruang teater, bahkan kolam renang indoor tersedia di area sekolah. Bakat bakat siswa pun didukung dengan berbagai macam pilihan kegiatan, seperti renang, futsal, badminton, basket, tari, tahfidz, paskibra, senam sehat, Darunnajah English couse dll.

Mari jaga dan lestarikan permainan tradisional!!!