Seluruh jajaran Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) yang Dipimpin oleh Ust Khusnul Mubarok Menyambut kedatangan Tim Dinas Kesehatan Jawa Barat, yang tiba pada pukul 11.00 WIB. Kedatangan Dinas Kesehatan Jawa Barat kali ini adalah untuk melakukan penyuluhan dan Pembinaan terhadap santri kader, termasuk materi khsus yang berkaitan dengan dunia Remaja.

Salah satu wadah yang telah dibentuk oleh Poskestren adalah Santri Husada, yakni Kader Kesehatan yang terdiri dari Santri-santri kelas 2 Madrasah Aliyah dan beberapa Guru yang menjadi Pengurus Poskestren. Istilah Santri Husada juga dikenal dengan Kader Kesehatan Remaja. Mereka diberikan beberapa pengetahuan dasar tentang kesehatan. Program yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat ini dipantau pelaksanaannya oleh UPT Puskesmas Cigudeg, Dr Syahruddin.

Santri Husada, atau yang biasa disebut Kader Kesehatan remaja dibentuk dengan tujuan dan upaya Proventif dan Promotif Kesehatan. Salah satu tujuannya untuk menjaga masyarakat Pesantren dan masyarakat sekitar agar angka masyarakat sehat terjaga dan semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya. Sedangkan tujuan Akuratif sudah dilaksanakan oleh Dr Esa Imanudin yang biasa Praktek Di Pesantren Darunnajah setiap hari Jumat. Pertemuan yang dilaksanakan pada hari kamis, 7 April 2010 ini berlangsung dengan penuh semangat kekeluargaan. Kesempatan berhadapan dengan Pak Asep NS. dari Dinas Kesehatan dari Cibinong ini dimanfaatkan oleh para santri Husada untuk menggali Ilmu dan Informasi kesehatan sebanyak-banyaknya.

Selain 20 Staf Poskestren, Pertemuan ini juga dihadiri oleh 3 orang Duta Kanker, dari PT Greenlife International Resources, 3 orang UPT Puskesmas Cigudeg, dan 2 orang UPF lebak wangi. Harapan dengan pertemuan tersebut, santri husada semakin meningkat pengetahuannya tentang tindakan-tindakan Proventif sebagai upaya pencegahan dari sakit yang lebih buruk, juga Promosi kesehatan kepada masyarakat, sehingga angka masyarakat sehat yang samapi sekarang 80% ini bisa dipertahankan, bahkan bisa semakin meningkat. [WARDAN/KangDR]