Search
Close this search box.

Dahsyatnya Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

blank
Dahsyatnya Bersholawat

Sholawat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholawat adalah doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh umat Muslim. Tindakan ini memiliki makna spiritual yang mendalam dan memiliki banyak keutamaan serta keberkahan. Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah tindakan yang tidak hanya membawa berkah bagi individu yang melakukannya, tetapi juga membawa berkah bagi seluruh umat manusia.

Secara bahasa sholawat  merupakan bentuk jamak dari kata sholla yang berarti doa. Sedangkan menurut istilah, shalawat adalah bentuk doa dan pujian untuk Nabi sebagai ibadah kepada Allah SWT. Shalawat dari Allah kepada Nabi SAW adalah sebagai rahmat dan keridhaan. Sedangkan shalawat para malaikat kepada Nabi SAW adalah sebagai doa dan istighfar. Dan shalawat umat Muhammad SAW adalah doa dan pengagungan kepada Rasulullah SAW.

dan di antara banyak nya keutaman bersholawat kepada nabi, yakni:

1. Mengenang Keagungan Nabi Muhammad SAW

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah cara untuk mengenang dan menghormati sosok yang diutus oleh Allah SWT sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi umat manusia dalam segala aspek kehidupan. Dengan bersholawat, umat Muslim dapat merenungkan keagungan dan keutamaan Nabi Muhammad, yang menginspirasi mereka untuk meneladani akhlaknya yang mulia.

2. Membuka Pintu Keberkahan

Bersholawat adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 56). Ini menunjukkan bahwa bersholawat adalah tindakan yang mendatangkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

3. Menyucikan Hati dan Jiwa

Bersholawat juga memiliki dampak positif pada kejiwaan individu. Ketika seseorang bersholawat dengan ikhlas, hati dan jiwa mereka menjadi lebih suci dan bersih. Sholawat mengingatkan kita akan nilai-nilai kebaikan dan kebaikan hati yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat membantu seseorang untuk meningkatkan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menghapus Dosa-dosa

Salah satu manfaat besar dari bersholawat adalah pengampunan dosa. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali, menghapuskan sepuluh dosanya, dan meninggikan darjatnya sepuluh derajat.” (HR. Tirmidzi). Dengan bersholawat secara rutin, umat Muslim dapat meraih pengampunan dosa-dosa mereka dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Menciptakan Rasa Persaudaraan

Bersholawat juga merupakan tindakan yang mempererat persaudaraan di antara umat Muslim. Saat umat Muslim bersama-sama bersholawat, ini menciptakan rasa persatuan dan cinta dalam hati mereka. Sholawat mengingatkan mereka bahwa mereka adalah bagian dari umat yang sama, yang memiliki satu tujuan, yaitu mencintai dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Betapa dahsyatnya keutaman bersholawat kepada nabi, maka dari pada itu, mari sama sama kita bersholawat kepada nabi Muhammad SAW. Dengan harapan kita akan mendapatkan Syafa’at nya di Yaumul Qiyamah nanti, AAMIIN.

SHOLLU ‘ALA NABI MUHAMMAD

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah