Hari-hari yang ditunggu telah tiba, Rabu, 12 Desember 2018 tumpah ruah di halaman sekolah dengan memakai seragam olahraga. Terpajang di pojok halaman puluhan balon udara berwarna-warni bergoyang tertiup angin pagi seperti ingin menyapa para siswa yang datang ke sekolah dengan riangnya. Tak terlihat lagi kartu ujian yang tergantung di leher para siswa, tak terlihat lagi pagi ini siswa yang menenteng buku pelajaran, semuanya sudah selesai dengan rutinitas ujian semester I berganti dengan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan yaitu class meeting.

Tepat jam 7 para siswa SD Islam Darunnajah yang berjumlah kurang lebih 775 anak berkumpul di halaman sekolah membentuk barisan, para gurupun yang berjumlah sekitar 65 orang ikut  menemanai para siswanya berbaur dalam barisan. Beberapa siswa tim senam Sudah berada di depan barisan untuk memimpin senam massal yang akan berlangsung sekitar 30 menit. Ketika musik sudah terdengar gerakan serentak teratur terlihat indah, meregangkan dan melemaskan otot-otot yang dalam beberapa hari ini tegang karena sibuk belajar.

Bergembiralah, nikmati kegiatan dalam dua hari ini dengan happy, ikuti seluruh kegiatan yang telah dijadwalkan, bersenang-senanglah dalam kegiatan ini bersama dengan teman-teman, karena seteleh dua hari kegiatan ini kalian akan libur semester I selama dua minggu. Class meeting ini bertujuan untuk hiburan kalian karena telah melasanakan ujian semester, untuk itu bergembiralah dan nikmati momen-momen kebersamaan dengan teman dan sahabat kalian. Sebelum melaksanakan perlombaan antar kelas ini, marilah kita buka kegiatan ini dengan membaca basmalah, ucap Ibu Nur Amalia saat memberikan sambutan.

Riuh anak-anak ketika panitia dan kepala sekolah akan membuka kegiatan class meeting secara simbolik dengan menerbangkan balon udara, beberapa anak dibagikan balon udara oleh panitia. Dengan iringan musik pengguntingan tali balon dilaksanakan oleh ibu Nur Amalia, seketika tepuk tangan bergemuruh saat balon udara mulai terbang meninggi diiring balon-balon yang dilepaskan oleh beberapa anak. Terbanglah tinggi seperti balon itu agar bisa melihat indahnya dunia, belajarlah dan gapailah cita-citamu agar bisa melanglang buana jelajahi indahnya lima benua.

Setelah acara pembukaan selesai para siswa dengan tertib menuju tempat perlombaan yang telah ditentukan oleh panitia, diantaranya di lapangan basket, lapangan futsal, lapangan volley, kolam renang dan halaman sekolah. Semua perlombaan dilaksanakan secara serentak, untuk hari pertama adalah untuk babak penyisihan dan hari kedua untuk pertandingan final dan pembagian hadiah.

Keseruan terlihat di lapangan futsal dimana para supporter pendukung tim kelas yang sedang bertanding memberikan suprotnya dengan menyanyian yel-yelnya. Tepuk tangan dan sorakan terdengar ketika salah satu tim bisa membuat gol, ada juga  teriakan yang memberikan intruksi pada temannya untuk bermain secara tenang. Saling jual beli serangan dan taktik terlihat di lapangan menambah keseruan pertandingan, kadang intrik-intrik kecil terjadi menambah keseruan dan ketegangan di antara pemain dan penonton namun semuanya bertanding secara sportif.

Sistem pertanding futsal yang diguanakan adalah sistem gugur, yaitu bila satu tim sudah kalah maka tidak akan bertanding lagi. Peserta pertandingan futsal adalah tim dari kelas 3, 4, 5 dan 6 yang berjumlah 16 tim dengan rincian tiap kelas paralel mengirimkan 4 tim. Pertandingan futsal dipimpin oleh Pak Toni sebagai wasit utama dan Pak Ridho sebagai wasit pengganti. Untuk pertandingan futsal putri hampir sama jumlah tim yang bertanding yaitu 16 dan yang memimpin pertandingan adalah pak Haji Syukur, sedangkan tempat pertandinganya adalah di sebelah selatan lapangan futsal utama.

Pun sama dengan lomba tarik tambang, basket dan lomba ketangkasan semuanya menghadirkan keseruan dan keramaian, semuanya saling menyemangati tim kelas masing-masing. Bila menang ikut riuh dan larut dalam kegembiran, bila timnya kalah semuanya ikut menghibur dan memberi semangat. Itulah pertandingan dan begitulah persahabatan yang selalu memberi sokongan dalam berbagai kondisi, mari jaga sportifitas agar tetap terjalin persahabatan./awaludin ahmad