[Celoteh Santri] Tata Boga, Salah Satu Ekskul Keputrian Darunnajah

kursus-tata-boga-darunnajah-2JAKARTA/dn.com – Pondok Pesantren Darunnajah yang berada di Ulujami Jakarta Selatan adalah sebuah lembaga institusi yang memiliki organisasi dalam menjalankan berbagai aktifitasnya. Dari struktur tertinggi Dewan pengelola wakaf/dewan Nazir, pengurus Yayasan, hingga pengelola keorganisasian santri yang menggerakkan kegiatan rutin santriwan-santriwati.

Salah satu keorganisasian dari santri Darunnajah adalah Bagian Keputrian Organisasi Santri Darunnajah (OSDN) Pondok Pesantren Darunnajah, memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan khusus untuk santriwati. Tujuanya untuk mengeluarkan potensi diri dan meningkatkan kemandirian santriwati dalam bidang mereka yaitu keputrian. Ekskulnya pun terbagi menjadi tiga yaitu tata boga, tata busana dan tata rias. Setiap ekstrakurikuler memiliki waktu pelatihan masing- masing. Adapun ekskul tata boga yang dilaksanakan setiap hari Jum’at, tata rias hari Selasa dan tata busana hari Rabu.

Alhamdulillah OSDN putri tahun kepengurusan 2014/2015 memiliki ruangan baru khusus untuk bagian keputrian yang didalamnya pun sudah lengkap dengan fasilitas tata boga dan juga tata busana, sedangkan bagian  tata riasnya  masih menunggu alat yang datang untuk fasilitas bagian tata rias untuk membuka salon.

Ekskul Keputrian bagian tata boga dilakukan setiap Jum’at pagi. Didalamnya kita membuat club untuk bisa lebih mudah dalam membagi anak anaknya dalam memasak dan juga mengajari mereka bagaimana cara memasak dan menghidangkan yang baik. Dan mereka juga menulis resep yang diberi oleh bagian tata boga untuk pelajaran mereka saat dirumah nanti.

Untuk ekskul tata busana fasilitas sudah tersedia, namun kekurangan yang dimiliki diantaranya alat–alat  jahit dan pelatih. Jadi bagian keputrian agak sulit untuk membimbing ekskul tata busana dikarenakan mesin dan alat-alat yang belum dilengkapi. Setiap kegiatan ekskul memiliki pembimbing masing-masing,sebagai rujukan komunikasi selama berjalannya kepengurusan, terutama untuk masalah pelatihan.

Inilah kegiatan mingguan bagian keputrian dalam kepengurusan tata boga bagian keputrian OSDN tahun 2014/2015, dibuatnya bagian ekskul ini untuk menjadikan santriwati yang kreatif dan mandiri dalam mengatasi masalah keputrian salah satu contoh diantaranya memasak, menjahit dan bagaimana cara merias diri sendiri.