Santri-santri Darunnajah sedang sibuk mempersiapkan diri untuk ujian akhir semester atau ujian kenaikan kelas yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni mendatang. Ujian ini akan diawali dengan ujian lisan Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Tajwid.

Sejak hari Sabtu lalu, para santri sudah memulai kegiatan belajar malam setiap harinya. Para guru yang bertempat tinggal didalam maupun diluar pondok mendapat giliran untuk menjaga atau merolling santri belajar malam. Kegiatan belajar malam ini akan terus berlangsung hingga ujian berakhir. Tujuan dari kegiatan belajar malam ini adalah agar santri dapat mendapat hasil yang baik dan memuaskan pada ujian nanti sehingga tidak ada santri yang akan tinggal kelas.

Pihak sekolah menganjurkan bahkan mewajibkan kepada setiap santri untuk mulai menghafal peljaran dari seminggu sebelum ujian sehingga santri dapat mengangsur hafalan dua-dua perharinya.

Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan di Darunnajah, sehingga setiap malam seminggu sebelum ujian dimulai, Darunnajah akan ramai dengan santri-santri yang belajar di masjid, lapangan basket, kelas, dan tempar umum lain. Kegiatan ini juga bertujuan agar detik-detik menjelang ujian lebih semarak dan para santri semangat belajar.

[Celoteh Santri] Detik-detik Ujian
Oleh : Pers 11-12