lomba-bahasa-darunnajah-2Berbicara didepan umum merupakan satu hal yang harus dipelajari sebagai bekal untuk menjadi seorang pemimpin. Seseorang yang tidak terbiasa berbicara didepan khalayak ramai pastilah akan merasa malu dan tidak percaya diri ketika suatu hari dituntut untuk berbicara dimuka umum. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik kita harus mampu berbicara dengan penuh percaya diri didepan banyak orang, karenanya kita harus membiasakan diri kita berbicara didepan umum dengan beralatih sesering mungkin.

Inilah yang menjadi salah satu faktor dan tujuan diadakannya perlombaan ini. Public Speaking Contest adalah perlombaan pidato dua bahasa, yaitu baha Arab dan Inggris. Santriwati yang terpilih sebagai orator terbaik akan maju sebagai perwakilan dari santri putri yang kemudian akan dilombakan kembali dengan peserta terbaik perwakilan santri putra. Mereka akan bersaing dalam menampilkan penampilan terbaik mereka dalam berpidato.

Perlombaan ini merupakan kegiatan yang baik sebagai upaya meningkatkan percaya diri serta daya saing para santriwan dan santriwati, sama halnya dengan kegiatan Muhadhoroh. Muhadhoroh, yaitu kegiatan berpidato yang diadakan rutin tiga kali seminggu diharapkan dapat menjadi bekal untuk para santriwan dan santriwati di masa depan.

Selain berpidato didalam Public Speaking Contest juga terdapat lomba Fahmil Quran. Lomba ini merupakan lomba yang berupa cerdas cermat antara dua kelompok. Adapun materi dalam cerdas cermat tersebut berkisar tentang kandungan Al-Quran seperti Tajwid, Tarikh Islam, Terjemah Ayat Quran, Meneruskan Ayat, hingga membaca Al-Quran dengan menggunakan lagu. Tentu saja lomba ini juga dapat menambah pengetahuan para santri.

Semoga serangkaian lomba ini dapat mencapai tujuan yang diharapkan yaitu untuk kebaikan para santriwan dan santriwati. [Darunnajah News Petik pi 14/15]