Tidak semua anak mampu menghafal dengan baik. Faktor yang menyebabkannya diantaranya faktor keturunan, kemampuan mengingat yang lemah, kondisi anak yang sedang stress, dan bahkan sulit berkonsentrasi.

Sebagai orang tua, kita mempunyai peran untuk membantu anak dalam masalah belajarnya seperti mengingat atau menghafal pembelajaran yang diberikan di sekolah.

- Advertisement-

Berikut tips menangani anak agar memiliki kemampuan menghafal yang baik :

  1. Memberikan pola rutinitas yang memacu daya ingat anak seperti jadwal makan, minum, tidur, bermain dan belajar.
  2. Memberikan ruang yang tepat. Dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif seperti tempat nyaman dan tidak bising.
  3. Belajar menggunakan semua indera. anak mengetahui langsung dan dapat merasakan apa yang diajarkan.
  4. Mengenal gaya belajar anak. Kecerdasana anak berbeda ada yang memiliki kecerdasan visual, auditori, kinestetik dan lainnya. Variasi belajar anak sanagt penting kita berikan.
  5. Mind Mapping adalah metode belajar yang penting agar anak mudah menghafal. Dengan mind mapping tulisan yang seharusnya 5 halaman akan menjadi 1 halaman dan dapat dihiasi dengan gamar menarik. Maka anak anak mudah menghafal pelajaran mereka.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.