Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Dalam Dan Luar Negeri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tulisan ini adalah transkrip dari ceramah yang disampaikan oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Jawa Barat. Dengan tema “Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Dalam Dan Luar Negeri”

Anak-anak sekalian, anak-anak setelah ini nanti akan kembali ke kampung halaman masing-masing. Lantas apa yang akan kamu lakukan? Lanjutkanlah belajar ke perguruan tinggi. Alumni Darunnajah mempunyai kelebihan dibandingkan dengan alumni lain, antara lain; ijazah yang diberikan kepada siswa/siswinya bisa digunakan untuk melanjutkan ke perguruan-perguruan tinggi di luar negeri. Selama ini telah terbukti bahwa alumni dari pesantren ini bisa melanjutkan di luar negeri. Jadi alumni kita bisa menggunakan ijazah yang diberikan oleh pesantren ini untuk melanjutkan ke luar negeri. Dan saya mendukung untuk ke luar negeri.

Kalau kita bisa belajar ke luar negeri, saya kira ini adalah peluang yang paling bagus. Saya ingin bagaimana anak-anak ini bisa diterima 100% di luar negeri. Kalau bisa diterima di luar negeri, berarti dari sisi bahasanya juga hebat, dari sisi pengetahuan-pengetahuan juga hebat. Saya ingin bagaimana anak-anak bisa belajar di luar negeri. Ini yang kita harapkan. Al-Azhar di Mesir ini beasiswa. Dan di sana ada ribuan mahasiswa dari bangsa ini.

Jadi targetnya bagaimana bisa diterima di luar negeri, bisa di Madinah, Makkah, Riyadh, atau Mesir. Sekarang ada juga di Aljazair, Syria, dan Kuwait. Ini akan menjadi kebanggaan orang tuanya. Di luar negeri ini semuanya adalah beasiswa. Dan beasiswanya cukup untuk hidup, bahkan lebih.

Ustadz misalnya, dulu sudah sarjana dari Gontor, keluar mencari di mana lembaga-lembaga di Indonesia yang menerima pendaftaran untuk belajar ke luar negeri. Kita coba semuanya. Kita juga kirim surat langsung ke luar negeri. Waktu itu pak kyai ijazahnya di foto kopi kemudian dikirim ke Madinah, al-Azhar Mesir, King Abdul Aziz University, juga dikirim ke lembaga-lembaga di Jakarta seperti Dewan Dakwah. Kita kirim semuanya. Ternyata usaha itu menghasilkan. Satu-satu jawaban diterima. Tinggal memilih salah satu saja dari jawaban yang begitu banyaknya.

Jadi kita jangan tergesa-gesa. Ambil strategi dulu, kita pelajari dulu. Maka kita juga jangan asal yang penting cepat masuk. Tapi kita juga harus punya strategi. Ini di luar negeri. Saat ini pesantren kita punya banyak peluang beasiswa. Ada tawaran di al-Azhar Mesir, ada di Syria, ada juga di Yaman.

Kemudian juga yang lain-lain banyak sekali mungkin bisa lewat Departeman Agama. Setiap tahun Departemen Agama membuka peluang bagi tamatan aliyah untuk melanjutkan ke luar negeri, bisa ke Sudah, Aljazair, Libia, dan sebagainya. Ini di luar negeri. Maka saya berharap anak-anak yang ingin melanjutkan jangan tanggung-tanggung, langsung saja ke luar negeri. Wawasannya juga akan lebih luas lagi.

Bagaimana nanti di dalam negeri itu mudah. Nanti kalau di luar negeri sudah selesai mau mengembangkan di dalam negeri juga mudah.

Kemudian yang di dalam negeri. Sebenarnya kita juga di dalam negeri ini banyak sekali yang gratis ataupun yang bayar. Gratis ada di LIPIA. Di LIPIA ini kalau kita kuliah beasiswanya 500 ribu. Jadi kuliah diberikan uang. Sudah sekolah gratis, diberi uang lagi 500 ribu. Kalau masuk di kelas persiapan bahasanya 2 tahun itu 350 ribu per bulan. Ruang kuliahnya ber-AC. Guru-gurunya para Doktor. Sehingga kita merasa betul-betul sempurna karena kita tidak berpikir tentang keuangan dan sebagainya. Saya berharap anak-anak bisa masuk di sana. Kenapa harus membayar sedangkan yang gratis saja ada dan kualitasnya juga bagus sekali?

Kedua, yang gratis juga. Saat ini banyak sekali beasiswa-beasiswa yang ditebar/ditawar-tawarkan. Misalnya di Departemen Agama juga banyak. Tahun lalu kita mendapatkan jatah 10 anak untuk kuliah di Surabaya.

Tulisan ini adalah transkrip dari ceramah yang disampaikan oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Jawa Barat. Dengan tema “Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Dalam Dan Luar Negeri”

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika