Bulan Puasa, ibu-ibu Majelis Ta’lim tetap Mengaji

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Ramadhan hari pertama (1/8/2011), bertepatan dengan hari senin, hari dimana Jama’ah Majelis Ta’lim ibu-ibu mengikuti pengajian rutin mingguan di Pesantren Darunnajah Cipining. Walaupun hari puasa, tidak menyurutkan semangat para jama’ah yang berasal dari masyarakat sekitar ini untuk terus menimba ilmu. Pengajian ini biasanya diisi oleh dua Ustadz, pertama Ustadz Pengajar di Pesantren yang dijadwal bergantian dan terakhir langsung diasuh oleh Bapak Pimpinan Pesantren. Namun kali ini, materi pengajian diisi penuh oleh kakek dua cucu ini.

Pengajian yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat Darunnajah Cipining ini terdapat satu keunikan, yang mungkin sudah sulit ditemukan di Majelis Ta’lim lainnya. Setiap jamaah diharuskan untuk membawa alat shalat, karena sebelum pengajian di mulai, Pak Kyai Jamhari Abdul Jalal, Lc (demikian lama lengkap beliau) senantiasa mengajak dan membiasakan para Jama’ah untuk melaksanakan shalat Sunnah Tasbih dan Shalat Sunnah Dhuha. Bagi sebagian orang, melaksanakan shalat Tasbih mungkin terasa agak lama. Ya, memang di setiap pergantian gerakan shalat, ada tasbih yang harus dibaca disamping bacaan shalat biasa juga tetap dibaca. Sehingga Shalat ini terasa lama.

Materi Pengajian cukup beragam, biasanya mengusung tema-tema Fiqih, Ibadah, Akhlaq, Mu’amalah, Kisah Teladan dan sebagainya. Dan Tema pada awal Ramadhan ini, Pak Kyai memilih Judul “Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib, dan lainnya”. Dan pada kesempatan itu pula, pak kyai mengajak kepada ibu-ibu untuk semakin giat untuk melaksanakan Ibadah Sunnah. Dengan keutamaan ramadhan, segala amal Ibadah akan Allah lipat gandakan pahalanya.

Pengajian yang dimulai pada pukul 08.00 wib hingga Pukul 11.00 wib ini, memiliki jamaah yang cukup banyak. Selain dari masyarakat sekitar (yang memang mendominasi) yang jaraknya sekitar 1-2 Kilometer. Ada juga jamaah yang cukup jauh yakni sekitar radius 15 Kilometer, mereka datang ke Pesantren setiap minggunya ke Pesantren Darunnajah Cipining untuk menuntut Ilmu. [WARDAN/Kang DR]

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika