“cantik belum tentu sehat, tapi sehat sudah pasti cantik, karena kecantikan terpancar dari kondisi yang sehat”. Kutipan tadi adalah kalimat pembuka Ibu Meitria Cahyani, SH, selaku Narasumber Seminar Kesehatan “Menjadi Muslimah Cantik dan Sehat” yang digawangi oleh Bagian Kesehatan Pesantren Darunnajah Cipining, Jum’at 22 April 2011 di auditorium Pesantren.

Acara yang sebelumnya dijadwalkan pukul 08.30 WIB ini baru dapat dimulai pukul 10.30 s.d. 13.05 WIB. Namun dengan sigap narasumber segera mengisi acara dengan materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Dalam acara tersebut, Bu Mei, demikian beliau biasa dipanggil, berbagi tips dan trik bagaimana seorang muslimah menjadi cantik tetapi harus dengan serangkaian kegiatan kesehatan yang harus dilakukan.

Dan masih dalam acara tersebutpun Bu Mei menjelaskan ancaman-ancaman yang akan diterima kaum wanita akibat mengabaikan kesehatan, serta dijelaskan juga penyakit-penyakit yang mengincar hanya kaum Hawa seperti kanker serviks, endometriosis, kista, myom, kanker payudara dan lain-lain. Dan tidak lupa narasumberpun memberikan solusi-solusi yang harus ditempuh secara klinis maupun medis termasuk solusi alternatif yang sifatnya herbal dan lebih aman dengan resiko rendah.

Keletihan dan kewalahan Bu Mei pun terlihat, ketika sesi Tanya jawab dilontarkan moderator Ustadzah Ela Hulasoh, S.Sos, kontan hadirin yang terdiri dari unsur santriwati, guru putri dan istri-istri guru beradu cepat mengangkat tangan untuk bertanya seputar dunia  wanita dan serba serbinya. Hingga akhir acara, pukul 13.05 panitia terpaksa menghentikan sesi Tanya jawab tersebut mengingat waktu yang sudah di luar dari apa yang dijadwalkan panitia, maka Ibu Mei pun memfasilitasi audience yang merasa belum dapat kesempatan bertanya untuk menghubunginya melalui akun Face Book, blog, e-mail dan nomor ponsel langsung narasumber. (Ela H/WARDAN)