Berlomba Mendalami Al-Qur’an Dengan Baik

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Peningkatan Pengajian dan kajian terhadap Al-Quran haruslah meningkat frekuensinya. Terlebih di bulan Ramadhan ini. Hal ini pulalah yang sedang dilakukan oleh para santri di asrama tahfizh Al-Qur’an. Staf Prestasi dan Kegiatan sebagai penanggung jawab kegiatan santri,  mengadakan perlombaan yang berlatar belakang Alqur’an. Perlombaan ini meliputi Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Tunjuk Qur’an, Hifdzul Qur’an, dan LCC.

Gedung Tahfizh Al-Qur'an
Gedung Tahfizh Al-Qur'an

“Pada tahun ini masa jabatan kepengurusan 2009-2010 harus jadi yang lebih baik dan sukses dalam bidang Prestasi dan Kegiatan” ujar Asshidiqi Lukmana sebagai Ketua Pelaksana. Dalam kegiatan ini santri al-hufazh dituntut untuk dapat menjaga hafalan dan juga muroja’ah setiap hari karena di setiap yang menghafal Alquran akan banyak rintangan dan juga cobaan.

Perlombaan yang dibuka tanggal 4 September 2009 ini dimulai dengan Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan dilanjutkan pada siang hari dengan lomba Tunjuk Qu’ran. Pada hari berikutnya, perlombaan dilanjutkan selepas sholat Ashar dengan materi lomba Hifdzul Qur’an juz 29 dan 30. Untuk hari  ketiga pada tanggal 6 September 2009 setelah shalat Tarawih dilaksanakan lomba MSQ.

Selepas Tarawih pada hari Selasa (8/9/09) merupakan puncak kebahagiaan bagi para pemenang. Pasalnya, malam itulah diumumkan para juaranya sekaligus pembagian hadiah. Berikut daftar lomba dan pemenang:

  1. Lomba LCC                         kamar 40
  2. Lomba Tunjuk Qur’an        kamar 41
  3. Lomba Hidzul Qur’an        kamar 40
  4. Lomba MSQ                        kamar 39
  5. Juara Umum                      kamar 40
  6. Juara favorit                      kamar 42
  7. Juara Harapan                  kamar 43

Para santri tahfidz sangat antusias dalam mengikuti setiap macam perlombaan dan diakhir acara pembagian hadiah diberikan pula kenang-kenangan bagi peserta terbaik. Peserta terbaik kali ini dinilai dari beberapa kategori seperti selalu mengikuti perlombaan, juga aktif dan tepat waktu dalam kegiatan. Setelah melaui penilaian oleh panitia, maka tersebutlah  Alia Tri Syamsul Alam (santri kelas III TMI/IX MTs) berhak menerima anugrah dengan menyandang sebagai peserta Terbaik pada event Ramadhan 1430 H.

“Alhamdulillah, saya merasa harus berterima kasih kepada semua pihak yang telah memilih saya. Ini semua adalah do’a dan dorongan kedua orang tua yang selalu memotivasi agar saya dapat melakukan semua sesuai jadwal dan sebaik-baiknya. Nasihat itulah yang saya lakukan” Kata Aam, panggilam akrab Tri Aulia Syamsul. (By: An_nazr17)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathul Mu’jam Santri Kelas 5 TMI

Cidokom Post – Tepat Minggu (20/09), Santriwan dan Santriwati Kelas 5 TMI Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom melaksanakan kegiatan belajar yang bernama Fathul Mu’jam.