Menu

Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Di bulan Ramadhan ini kegiatan anak-anak berjalan seperti biasa namun pulang sekolahnya saja yang lebih awal dari sebelumnya jam 11.30 menjadi jam 10.00.

kita mengajarkan berpuasa pada anak-anak walau pun puasanya masih putus nyambung.  maksudnya anak di ajarkan puasa semampunya ada yang sampai jam 10, ada yang sampai waktu adzan Dzuhur dan di sambung lagi sampai sore hari.

hebatnya anak-anak kita yang sudah mau memulai berlatih puasa.

Bagaimana melatih anak berpuasa yaa ?

1. Sebulan sebelum ramadan kita sudah berbicara tentang puasa. Kami sampaikan puasa itu memindah waktu makan, lebih pagi dan saat matahari terbenam (tidak kita katakan enggak boleh makan minjm seharian penuh,karena kalimat itu mengerikan buat anak).

2. Membuat tulisan atau poster berisi sambutan thdp ramadan misal: “ramadan datang hatiku senang. Selamat datang ramadan,aku merindukanmu dll” ditambah dengan hiasan dan pernak perniknya seperti baloon dll.

3. Menu sahur dan buka disesuaikan dg selera anak atau atas usulan anak tapj tetap terkendali.

4. Ayah dan ibu satu kata dlm mensikapi problem dan tantangan anak saat berpuasa.

5. Mengatur pola tidur, kami berusaha menghindari anak tidur pagi dengan membuat kegiatan fisik seperti jalan jalan, bersih bersih rumah dll. Diharapkan anak anak tidur siang pada jam lapar dan bangun saat jam itu telah lewat, jam 10-13.

6. Sabar sabar sabar terhadap kondisi anak yang terkadang mengeluh lapar atau haus. Beri pengertian lebih.

(Sharing ustadz Amin-pengurus IKADI JATIM)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Study From Home

Cidokom Pos – Alhamdulillah, ditengah-tengah maraknya penyebaran virus corona (Covid-19), mari kita selalu menjaga kesehatan diri kita semuanya. Karena persoalannya saat ini bukan hanya Social