Belajar Tidak Harus Disuapi
Menu

Belajar Tidak Harus Disuapi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Belajar adalah sebuah kewajiban bagi seluruh muslim dan muslimah di dunia ini, sesuai dengan sabda Rasulullah saw.  “Thalabul ‘ilmi faridhatun ‘ala kulli muslimin wa muslimatin” yang artinya “Menuntut ilmu itu wajib bagi seluruh muslimin dan muslimat”. Maka kita harus selalu belajar dimanapun dan kapanpun kita bisa baik itu formal seperti di kelas maupun nonformal seperti melalui kegiatan, kepanitiaan dan keorganisasian.

Berbagai macam cara belajar pun menjadi sorotan pemerhati pendidikan, dengan tuntutan harus meningkatkan cara belajar tersebut. Sebagai pelajar, kita telah mengetahui para siswa pada umumnya hanya bisa disuapi oleh gurunya yakni dengan memberikan ilmu pengetahuan yang baru tanpa memberitahukan para siswa agar bisa mencari ilmu pengetahuan secara mandiri.

Di Pondok Pesantren Darunnajah, para santri dituntut agar bisa mencari pengetahuan barunya dengan mandiri. Contohnya adalah dalam mata pelajaran hadits, yang setiap tahunnya dari kelas I sampai dengan kelas V, para santri diberikan hadits-hadits  yang baru dan dijelaskan oleh sang pengajar tersebut. Namun, lain lagi ketika para santri menginjak kelas VI TMI, para santri diwajibkan untuk mencari hadits sendiri-sendiri sesuai dengan SKL (Standar Kelulusan Kompetensi).

“Belajar itu tidak harus disuapi, kalian bisa mencari hadits-hadits tersebut di kitab-kitab yang semuanya ada di Perpustakaan”, ujar Drs. H. Ma’mun Adung, pengajar mata pelajaran hadits kelas VI TMI Darunnajah. “dengan mencari sendiri hadits-hadits tersebut kalian akan terbiasa untuk mencari referensi-referensi makalah yang akan kalian hadapi semasa kuliah nanti” lanjut beliau. (Imam Khairul Annas)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA DARUNNAJAH JAKARTA

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 67.A/PPSB-TMI/DN/VI/2020 TENTANG HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA TARBIYATUL MUALLIMIN/AT AL-ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN AJARAN 2020-2021