Belajar sambil bermain

Belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini yaitu dengan bermain. Pada masa anak usia dini salah satu yang sering kita kenal dengan masa bermain. Hampir sebagian waktu anak di gunakan untuk bermain. Karena dengan bermain inilah anak usia dini tumbuh dan mengembang seluruh aspek perkembangan yang ada pada dirinya.

- Advertisement-

Bermain merupakan kesempatan bagi anak dalam mengembangkan potensi atau  kemampuan yang ada dan memberikan untuk dapat berkembang seutuhnya, baik dalam segi fisik, intelektual, Bahasa maupun prilaku.

Bermain kebutuhan penting bagi anak

Dalam kehidupan anak bermain merupakan hal yang sangat penting. Dapat dikatakan setiap anak yang sehat selalu mempunyai dorongan untuk bermain dan waktu sehari-hari  digunakan untuk bermain. Dengan demikian bermain adalah suatu kebutuhan yang penting agar anak dapat berkembang secara wajar,  menjadi pribadi yang matang dan mandiri serta dapat mengembangkan seluruh aspek yang ada pada diri anak.

Pembelajaran bagi anak usia dini harus menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga dapat membangkitkan minat dalam belajar, dengan demikian pembelajaran dapat di terima dengan mudah dan potensi yang dimiliki dapat dikembangkan.

Jadi bermain bagi anak merupakan proses belajar yang menyenangkan karena bermain dapat membantu anak mengenal dunianya, mengembangkan konsep-konsp baru, meningkatkan keterampilan sosial dan dapat membentuk perilaku anak.

Bermain Dapat Memicu Kreativas Anak

Bermain merupakan pemicu kreativitas anak, anak yang bermain dengan cara yang baik akan meningkatkan Kompetensi anak. Bermain pada anak usia dini bertujuan untuk mengelola potensi pada diri anak sehingga dapat meningkatkan berbagai kemampuan kreativitas. Diantaranya kemampuan perkembangan bahasa anak,  Ketika bermain anak akan berkomunikasi satu dengan yang lainnya berusaha menjelaskan, meyakinkan, mengemukakan pendapat kepada temannya sehingga kosa kata anak akan bertambah.

Beberapa Permainan yang Dapat Meningkatka Kreativitas Anak Usia Dini

Bermain pasir bersama temn-teman Toddler darunnajah
Bermain pasir bersama temn-teman Toddler darunnajah

Bermain Pasir

Anak-anak yang sedang bermain pasir secara langsung sedang menggunakan indra perabanya, anak dapat membedakan tekstur pasir yang halus maupun yang kasar. Bermain pasir juga dapat melatih ketemapilan motorik halus, karna pada saat bermain pasir anak dapat menggunakan jari-jari tanganya untuk membentuk pasir sesuai dengan bentuk yang diinginkan, sehingga akan muncul kreatifitas pada diri anak.

Dalam bermain kelompok anak belajar tentang sosialisasi. Anak mempelajari nilai keberhasilan pribadi ketika berhasil bergabung dalam sebuah kelompok bermain. Kemudian anak dapat melatih emosi yang stabil, serta rasa percaya dirinya meningkat.

 

Bermain Balok

Belajar sambil bermain bagi usia anak-anak merupakan proses pembelajaran yang efektif. seperti bermain lego, permainan ini memiliki banyak sekali manfaat di antranya anak dapat mengenal warna, mengenal bentuk dan ukuran serta dapat melatih motorik halus anak. saat anak membongkar pasang lego dapat melatih koordinasi antar tangan dan mata yang berkaitan dengan motorik halus anak.

Bermain Meronce memakai kayu bersama teman-teman Toddler Darunnajah
Bermain Meronce menggunakan manik kayu bersama teman-teman Toddler Darunnajah

Bermain Manik Kayu

Bermain Meronce memakai kayu bersama teman-teman Toddler Darunnajah. Permainan ini bertujuan untuk melatih kemampuan kognitif bagi anak-anak usia dini. Anak dapat belajar mengenal warna, belajar bentuk, belajar pola dan belajar konsep jumlah.

Bermain Meronce dengan manik kayu bersama teman-teman Toddler Darunnajah
Bermain Meronce menggunakan manik kayu bersama teman-teman Toddler Darunnajah

Meronce menggunakan manik-manik merupakan permainan edukatif yang bermanfaat untuk melatih mepersiapkan anak belajar menulis dan melatih imajinasi anak.

Ketika bermain, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak dapat mengapresiasikan pengetahuan yang dia miliki sekaligus dapat pengetahuan baru. Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Ide-ide yang original akan keluar dari pikiran-pikiran mereka.

Kegiatan Meronce di TK Islam Darunnajah

Like Us On Facebook

Khrisma Wijayanti

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.