Pesantren Darunnajah Cipining

Pesantren Darunnajah Cipining

Mufrodat merupakan sebuah kegiatan belajar bahasa melalui metode kosa kata. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan wajib di pesantren bagi seluruh santri darunnajah cipining. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Pengurus Bagian Bahasa OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining). Mufrodat berlangsung setiap hari tepatnya diadakan selepas shalat ashar.

Teknisinya, para santri dikumpulkan perkelas dan menuju kelasnya masing-masing, setiap kelas diisi oleh salah satu personil pengurus bagian bahasa. Adapun materi yang diberikan adalah mencakup kosa kata sehari-hari seperti kata kerja, kata benda di dalam ruang kelas, kamar, sekolah, asrama, dll. Tentunya pemberian kosa kata ini menggunakan 2 bahasa, yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.  Tujuan para santri dipisahkan perkelas agar memudahkan para pengurus yang akan memberikan materi, karna tentu masing-masing kelas memiliki kemampuan dan kebutuhan kosa kata yang berbeda-beda.

Tak hanya itu, di malam hari tepatnya sebelu tidur para santri harus menyetorkan kosa kata yang telah diberikan kepada ketua kamarnya. Hal ini tentu mendorong para santri untuk lebih maksimal dan efektif menggunakan bahasa asing. Karna hakikatnya para santri di tuntut untuk dapat menguasai 2 bahasa penting di pesantren yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

(WARDAN/Annisa)