Menu

Begini Pendidikan Supaya Anak Betah Pertama Kali Masuk Pesantren

Begini Caranya Supaya Anak Betah Pertama Kali Masuk Pesantren

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Begini Caranya Supaya Anak Betah Pertama Kali Masuk Pesantren
Begini Caranya Supaya Anak Betah Pertama Kali Masuk Pesantren

Pendidikan yang baik adalah salah satu keinginan orang tua untuk anaknya, pesantren adalah salah satu tujuan orang tua untuk anaknya menuntut ilmu, tak jarang dari orang tua mencari pondok pesantren sebelum anaknya selesai dari pendidikan yang ditempuhnya ketika disekolah dasar.

Pada umumnya mereka masuk ke pesantren ada yang dari kemauan sendiri dan dukungan orang tua, ada juga keinginan orang tua dengan berusaha meyakinkan anaknya untuk masuk ke pondok, nah dari hal ini pasti aka ada masalah muncul ketika keinginan dari orang tua untuk ke pesantren tetapi tidak diikuti oleh kemauan yang kuat dari anaknya sendiri.

Maka dari pada itu ada beberapa hal penting yang akan kami bahas dibawah ini bagaiman caranya anak itu betah berada di Pondok :

Yang pertama carilah teman sebanyak – banyaknya.

Teman salah satu faktor betah di pondok
Teman salah satu faktor betah di pondok

Teman merupakan salah satu factor yang sangat penting dilingkungan yang baru apalagi ketika kita berada di pondok pesantren, karena setiap hari siang dan malam bersama dengan teman kita, maka dari itu carilah sebanyak – banyaknya teman ketika pertama masuk ke pesantren.

Berikut hal unik yang pernah disampaikan oleh pimpinan pondok pesantren putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang ketika orientasi santri baru, beliau mengatakan kepada wali santri “Belikan anak ibu permen yang banyak, lalu suruh anakmu berikan kepada teman yang ada diasramanya, Tanya namanya, Tanya alamatnya dll” Ini salah satu trik untuk mencari teman yang banyak ketika awal masuk ke pondok pesantren.

Yang kedua orang tua iklas anak iklas belajar di pesantren

iklaskan anak belajar di pesantren
iklaskan anak belajar di pesantren

Hubungan batin antara anak dengan orang tua tidak bisa dipungkiri lagi, maka dari pada itu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalah mengiklaskan anaknya untuk belajar di pesantren supaya anaknya juga betah selama belajar.

Nasehat untuk santri pertama datang ke pesantren

Yang ketiga Ikuti kegiatan yang ada

Ikuti kegiatan di pondok
Ikuti kegiatan di pondok

Waktu kosong akan membuat kita bosan dan jenuh, maka akan timbul rasa ingat akan rumah dan orang tua , maka dari pada itu ikutilah semua kegiatan yang ada di pondok, jangan merasa kegiatan itu sebagai beban dan momok yang menakutkan untuk dirimu.

Yang ketiga kamar dan lemarimu harus selalu rapih

Kamar bersih menjadikan betah di pondok
Kamar bersih menjadikan betah di pondok

Kegiatan yang paling sering dilakukan oleh santri adalah membuka lemari dan dikamar, maka dari pada itu kamar dan lemarinya harus selalu bersih. Di pondok pesantren putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang kegiatan bersih – bersih kamar dan lemari selalu di control oleh guru – guru dan bagian pengurus santri, bahkan setiap satu bulan sehari pasti akan diadakan kegiatan berupa menghias kamar santri dan di nilai dan diberikan hadiah ketika upacara mingguan oleh pimpinan pesantren.

vidio lomba menghias kamar 

Inilah beberapa trik yang kami berikan kepada para calon untuk belajar di pondok pesantren, semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan orang tua untuk menjadi referensi memasukan anaknya ke pondok.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Hidden Curriculum Sistem Muallimin (TMI) Darunnajah

Sebagai lembaga pendidikan pesantren berbasis sistem Muallimin, pemahaman sepenuhnya akan kelebihan kurikulum TMI (Tarbiyatul Muallimin/Muallimat Al Islamiyah) yang menjadi core curriculum dari pendidikan pondok harus