BEDAH BUKU BERSAMA LULU EL MAKNUN

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Mengawali kegiatan ekstrakurikuler semester genap tahun pelajaran ini, Madrasah Aliyah Darunnajah dan Warta Darunnajah Cipining (WARDAN) bekerja sama dengan lembaga penulisan kreatif ‘Writing School’, Bekasi, menyelenggarakan bedah buku kumpulan cerpen (kumcer) ‘I Just Wanna Say, I Love You’ dengan menghadirkan penulisnya pada tanggal 6 Januari 2008. Buku tersebut adalah buku ketiga Mbak Lulu (sapaan akrab Lulu’ El Maknun) setelah ‘Vini, Vidi, Vici’ dan ‘Dan Cinta pun Rukuk‘  yang digarap bersama Dani Ardiansyah.

Acara ini dihadiri oelh para santri yang berjumlah 300an anak, Mbak Lulu membuka acara dengan meneriakkan yel “I Just Wanna Say……. Peserta secara kompak menyahut “I Love You”. Suasana gedung aula Darunnajah pun kian semarak. Penulis lalu memperkenalkan diri dan menceritakan proses kreatif pembuatan buku tersebut.

‘I Just Wanna Say, I Love You’, menurut penjelasannya, menceritakan tentang seorang gadis tunawicara (bisu) yang jatuh cinta dan ingin sekali mengatakan rasa cintanya tersebut, namun semua itu sia-sia. Karena setelah kesembuhannya, lelaki idamannya telah menikah. Mbak Lulu, yang juga anggota forum Lingkar Pena (FLP), menjelaskan dengan gayanya yang nyentrik plus menarik.

Selain membedah buku kumcernya, Mbak Lulu juga memberi pelatihan menulis cerpen dan membeberkan kiat-kiat menembus media. Karena selain menulis buku, karya Mbak Lulu juga dimuat di beberapa majalah seperti Annida.

Dalam durasi + 2 jam, Mbak Lulu berhasil menyita perhatian peserta yang sebagian besar adalah santri Madrasah Aliyah. Di akhir acara, Mbak Lulu mengajak peserta untuk praktik membuat tulisan yang paling sederhana yaitu menulis buku harian. Setelah selesai, beberapa karya yang dibuat secara singkat tersebut dibacakan oleh peserta, dan yang terbaik mendapatkan kenang-kenangan buku dari Mbak Lulu.

Setelah shalat Zhuhur acara diisi oleh tim redaktur WARDAN. Materi yang disampaikan adalah ‘Motivasi Menulis’ oleh Ustadz Muhammad Musta’in, S.E. dan ‘Pengenalan Pers dan Jurnalistik’ oleh Ustadz Muhlisin, S.H.I.. Pada kesempatan ini pula, WARDAN berkesempatan membuka dapur kreatifitas penerbitan WARDAN.

Berbagai apresiasi dan aspirasi pun disampaikan oleh para peserta berkaitan dengan WARDAN. Menanggapi hal ini, redaktur WARDAN menyampaikan terima kasih yang tulus dan akan berusaha untuk mempertimbangkannya.

Dari kegiatan ini pula, sebuah organisasi kecil yang berusaha untuk eksis dalam mengembangkan kemampuan menulis para santri terlahir. Organisasi itu bernama Wahana Apresiasi Remaja Darunnajah (WARNA).

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathul Mu’jam Santri Kelas 5 TMI

Cidokom Post – Tepat Minggu (20/09), Santriwan dan Santriwati Kelas 5 TMI Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom melaksanakan kegiatan belajar yang bernama Fathul Mu’jam.