Bahasa Arab Jembatan Antar Peradaban

Bahasa Arab Jembatan Antar Peradaban

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Bahasa Arab termasuk pondasi dari pondasi-pondasi kemajemukan budaya. Ia merupakan salah satu Bahasa yang berkembang dan digunakan di dunia, setiap harinya digunakan lebih dari 400 juta penduduk di seluruh dunia.

Loading...

Setiap tahunnya, tanggal 18 Desember dirayakan sebagai Hari Bahasa Arab se-Dunia, pada tanggal tersebut di tahun 1973, Majelis Umum PBB menetapkan Bahasa Arab sebagai salah satu Bahasa resmi dan Bahasa kerja di PBB, setelah diajukan oleh Kerajaan Arab Saudi dan Kerajaan Maroko pada Pertemuan 190 Dewan Eksekutif UNESCO. Perayaan ini pertama kali dimulai pada tahun 2010.

Bahasa Arab Jembatan Antar Peradaban, sebagai tema Hari Bahasa Arab se-Dunia tahun 2021, sebagai penekanan baru terhadap peranan penting yang telah disampaikan oleh Bahasa Arab dalam membangun jembatan komunikasi antara manusia atas kebangkitan budaya, ilmu, sastra dan berbagai bidang lainnya.

Tema ini bertujuan untuk memunculkan peranan sejarah yang dikuasai oleh Bahasa Arab sebagai alat mengenalkan ilmu pengetahuan dan penyampaiannya. Selain ia merupakan sebagai wasilah peningkatan dialog dan penancapan asas-asas perdamaian. Selama berabad-abad Bahasa Arab juga sebagai penopang bersama dan rantai penyambung yang menjelma sebagai kekayaan manusia dan memberikan manfaat dari sumber daya-sumber daya tersebut.

Berikut ini tema “Hari Bahasa Arab se-Dunia” dari tahun ke tahun:

2013 Bahasa Arab dan Media

2014 Huruf-Huruf Arab

2015 Bahasa Arab dan Sains

Loading...

2016 Memperkuat Penyebaran Bahasa Arab

2017 Bahasa Arab dan Teknologi Baru

2018 Bahasa Arab dan Pemuda

2019 Bahasa Arab dan Kecerdasan Buatan

2020 Lembaga Bahasa Arab, Suatu Keharusan atau Kemewahan

2021 Bahasa Arab Jembatan Antar Peradaban

(Diterjemahkan dari situs web UNESCO dan Twitter @arabic_day, Imam Khairul Annas)

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah