Bagaimana Kegiatan Pelajaran Sore (Darsul Masa) Di Pesantren?

Bagaimana Kegiatan Pelajaran Sore (Darsul Masa) Di Pesantren?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Dibukanya kegiatan Darsul masa atau pelajaran sore di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 beretepatan pada Sabtu,02 Oktober 2021 pukul 13:40 WIB.

Loading...

Pelajaran sore\darsul masa adalah kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan mulai dari jam 13:40 sampai dengan jam 14:30,di ajar oleh santri akhir dan di tangung jawabi oleh bagian pengajaran,dalam kegiatan ini seluruh santri wajib mengikuti kegiatan belajar mengajar kecuali dengan alasan tertentu.

“ jadilah kalian semua guru yang baik,dan bisa mengajarkan ilmu-ilmu yang telah di pelajari selama di pondok pesantren” ucap bapak direktur TMI (Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al-islamiyyah) Al-ustadz Hasyim Abdul Jamil,S.pd pada (29\09\21).

Kegiatan pembukaan pelajaran sore ini diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati dari kelas 1 sampai dengan kelas 5 TMI. Sedangkan kelas 6 TMI yang menjadi pengajarnya, tujuannya adalah agar melatih para santri untuk menjadi guru yang baik disertai dengan tata caranya yang benar .

Adapun pelajaran yang di pelajari pada darsul masa diantaranya adalah: English course,Al-Qur’an,Bahasa Arab,Nahwul wadih,Bahasa inggris,dan masih banyak lagi.

Loading...

Mengapa harus diadakan kegiatan tersebut? Diadakan kegiatan ini tentu saja untuk melatih mental para santri supaya berani menjadi guru,berbicara di depan banyak murid,dan bisa mengamalkan ilmu yang telah dipelajari selama dipondok,Adapun manfaat bagi para santri yang di ajarkan adalah agar mereka bisa lebih faham dengan pelajaran yang diajarkan di pelajaran pagi oleh ustadz/ustadzah dikelas.

Agar terlaksananya kegiatan pelajaran sore ini dengan baik,maka bagian pengajaran mengadakan kegiatan ini dalam satu minggu enam kali,kecuali hari jum’at karena itu adalah hari liburnya para santri.

Untuk memaksimalkan kegiatan ini bagian pengajaran juga bekerjasama dengan staff TMI (Tarbiyyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islamiyah) dalam menyiapkan materi yang akan disampaikan,sedangkan bagian pengajaran adalah sebagai pelasksana kegiatan ini.

Dengan di adakannya kegiatan ini para ustadz/ustadzah berharap seluruh santri bisa lebih semangat lagi dalam belajar agar mereka bisa memahami pelajaran yang diberikan oleh ustad/ustadzahnnya di kelas,dan semoga bisa memudahkan mereka dalam menghafal untuk ujian tengah dan akhir semester karena sudah sering dibaca berulang-ulang.

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah