cepat menghafal

cepat menghafal

Taukah anda  cara supercepat menghafal sebuah materi ? Menghafal dengan cepat adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki, baik untuk menghafal materi disekolah, pekerjaan ataupun melatih diri sendiri guna mengembangkan kemampuan otak anda. Cara ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan dan tidak dibatasi.

Berikut cara supercepat menghafal

  1. Fokus ketika mulai menghafal

Fokus sangatlah penting dalam hal menghafal. maka ketika anda ingin memulai menghafal  Jangan melakukan banyak tugas yang berbeda karena dapat memecah konsentrasi,  sehingga meyebabkan tidak satupun pekerjaan anda berjalan dengen baik sesuai harapan.

 

banyangakan ketika anda ingin menghafal hadist Rosullah saw yang berhasa arab namun disaat yang bersamaan anda diajak berdialog oleh teman anda, bisa dipastikan waktu yang anda butuhkan menjadi sangat panjang untuk menghafal

 

Anda juga dapat memcari lokasi yang kondusif yang jauh dari hal-hal yang memungkinkan tergangu ketika proses menghafal berlangsung. Hindari lokasi yang terlalu banyak suara atau halayak ramai dan dapat menggangu fokus anda ketika sedang menghafal suatu  materi.

 

  1. Menghafal membutuhkan motivasi

Taukah anda stres dapat membuat anda menjadi semkin pintar. Kenapa bisa? Karena dengan memaksakan diri dalam kondisi stress maka akan tumbuh semangat dan motivasi yang menyebabakan hormon adrenalin anda terpompa sehingga kemamapuan yang anda miliki keluar semua.

 

Begitu pula jika anda ingin cepat menghafal anda harus mempunyai motivasi dapat mendorong anda mengeluarkan semua keuatan otak anda.

Contoh lain seperti apa tujuan anda ketika akan menghafal suatu materi, agar sukses dalam ujian, maka ketika anda mulai malas menghafal, ingatlah tujuan pertama ketika memulai menghafal.

 

  1. Korelasi

Jika anda ingin lebih mengetahui cara menghafal dengan cepat, salah satu cara yang paling ampuh adalah memecah informasi yang ingin anda ingat ke dalam kategori yang lebih kecil. Hal ini lebih mudah bagi otak untuk mengingat informasi. Setalah di pecah dan di hubungkan menjadi hafalan yang utuh.

 

  1. Rekam informasi yang ingin anda hafal

Kenapa harus di rekam karena apa yang anda dengar biasanya lebih mudah diingat dan di hafal.

Anda bisa gunakan alat perekam baik dari handphone atau alat rekam lainnya yang mudah anda bawa kemanapun sehingga dapat di putar untuk di dengarkan  dimana saja. Anda juga dapat melakukan kegiatan lain namun tetep fokus pada audio dengan materi yang ingin anda hafal.

 

  1. Tulis ulang hafalan anda

Universitas of Nebraska menyebut kegiatan menulis membantu fungsi otak menghafal dan ingatan menjadi tajam.

 

Dengan menulis apa yang ingin anda hafal dapat dipastikan secara tidak langsung anda akan membaca tulisan tersebut dan membuat anda akrab dengan materi tersebut sehingga mempermudah proses menghafal suatu materi.

 

  1. Mengulang hafalan

Cara yang sangat efektif agar cepat menghafal sesuatu adalah dengan terus mengulang apa yang anda butuhkan (suatu materi) sampai hafalan tersebut masuk kedalam memori ingatan anda. Pengulaangan tersebut harus dengan suara yang lantang minimal terdengar olah anda sendiri atau orang lain

Pengulangan hafalan dalam 1 kalimat dilakukan minimal sebanyak 3x, maksimal 10 hingga 20x dengan fokus penglihatan. metode ini biasa digunakan oleh para hafidz ketika akan menghafal Al-Quran yaitu mengulang hafalan sebanyak 20 x dalam 1 ayat dan mereka mampu menghafal 1 halaman Al-quran dalam waktu 30 menit bahkan bisa kurang dari itu, tentunya ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

  1. Buat daftar yang anda butuhkan untuk menghafal

Buatlah daftar kata atau kalimat yang ingin anda hafal dan urutkanlah. Agar materi yang akan anda hafal tidak tercampur dengan hafalan lainya. Metode ini bisa anda gunakan untuk menghafal nama sebuah Negara atau kata-kata asing , dan tulislah  disebuah buku kecil agar  dapat dibawa kemana saja.

 

  1. Peraktekan apa yang telah anda hafal tanpa melihat daftar panduan

Cara cepat menghafal juga adalah mencoba memperaktekan apa yang anda hafal tanpa melihat daftar panduan.

Mungkin padawalnya anda akan menemukan banyak kesalahan namun janganlah khawatir ini adalah proses agar otak anda terlatih dan terbiasa menghafal. Jika otak anda sudah terlatih mengingat apapun maka percayalah itu proses anda semakin cerdas.

 

Metode ini dapat di gunakan ketika anda mendapatkan tugas hutbah jumat atau ketika mendapatkan undangan mengisi sambutan di sebuah acara, peraktekanlah bagaimana intonasi saat berbicara didepan umum, body language dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut perlu di peraktekan dan terus dilatih maka dapat dijamin penampilan anda akan sangat bagus dan memukau.

 

  1. Ajarkan kembali hafalan anda kepada seseorang

Ini juga cara yang ampuh ketika anda ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa. Dengan mengajarkan apa yang sudah anda hafal akan membantu anda untuk mengingat lebih kuat.

 

Contoh Dalam kondisi anda sedang menghadapai suatu ujian maka cobalah mengajarkan kembali hafalan atau ilmu  yang telah anda fahami kepada teman anda. Disinilah otak anda terlatih dan terasah, selain diri anda ternyata oranglain pun dapat memahami apa yang telah anda pelajari dan hafalkan.

 

  1. Istirahat

Rahasia seseorang yang bisa menghafal dengan cepat adalalah dengan tidak lupa mengistirahahatkan otak.

 

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa tidur siang sekitar setengah jam dan satu jam. Tidur siang ini memiliki pengaruh yang sangat bagus bagi otak.

 

Metode ini juga ternyata diadopsi dari sunnah Rosullah Saw yaitu qoilullah (tidur sebentar) yang dilakukan saat waktu menjelang shalat dzuhur.

 

Demikianlah cara supercepat menghafal,semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat dan di fahami dengan baik. Silahkan mencoba, salam super! (Hilda Damayanti)