DNKindergarten, 29/09

“Olahraga mirip obat yang mempunyai sejuta manfaat. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga juga dipercaya sebagai sarana yang bagus untuk menggapai hidup sehat dan lebih berkualitas.” Senam termasuk salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan dan terapi beberapa jenis penyakit.

Memang kebanyakan orang sering melupakan manfaat senam pagi, terlebih setelah terbangun tidur. Ada sedikit tips yang memang sangat membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku sewaktu bangun tidur. Pertama yang bisa kita lakukan memegang kedua erat tangan keatas kepal. Kedua memijit pundak selama beberapa detik saja, lalu setelah itu bergerak kesekitar ruangan dengan melakukan beberapa gerakan tubuh ringan. Yang ketiga setelah badan sedikit menghangat maka barulah meminum segelas air putih untuk penyegar.
Meminum air putih juga banyak kegunaan serta manfaatnya. Setelah selesai meregangkan dan melakukan senam serta minum air puti tadi barulah kita membersihkan diri atau mandi.

Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah bekerja menjadi hilang. Terlebih lagi, daya tahan tubuh meningkat. Di samping itu, kegiatan olah raga ini juga dapat meningkatkan kebersamaan di antara rekan sekerja dan merupakan suatu rekreasi yang murah.

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang sangat perlu diadakan secara rutin untuk menjaga kesegaran jasmani para siswa di sekolah termasuk anak TK. Dan merupakan salah satu aktifitas jasmani yang efektif untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Gerakan-gerakan pada senam pagi selain melatih otot-otot pada tubuh juga melatih gerakan motorik pada anak. Dengan gerakan motorik yang terlatih, diharapkan anak, dalam hal ini anak dapat lebih terampil dan kreatif dalam melakukan aktifitas sekolah sehari-hari.

Selain itu, gerakan senam pagi juga dapat  melancarkan peredaran darah sehingga anak lebih sehat dan segar, mencegah anak agar tidak mengantuk dan bermalas-malasan di kelas. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi anak karena kandungan vitamin D alaminya. Jika anak sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi mereka akan meningkat dan memudahkan mereka untuk menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru didalam kelas.

sumber : http://manado.tribunnews.com/2011/09/10/manfaat-senam-pagi